Kerajinan Sepatu Ramah Lingkungan Di Jakarta

0 147

Kerajinan Sepatu Ramah Lingkungan Di Jakarta

Industri fesyen terus bergulir dengan cepat. Selain pergantian gaya, kuantitas produksi juga menjadi tuntutan. Namun belakangan ini kepedulian terhadap lingkungan telah mengubah pandangan banyak pelaku industri fesyen. Mereka menciptakan produk yang fashionable namun tetap peduli terhadap isu sosial dan lingkungan.

Pasalnya, kini banyak pecinta fesyen mulai beralih kepada produk ramah lingkungan, yaitu produk yang menggunakan bahan alami. Salah satunya adalah produk sepatu sneaker berlabel Pijakbumi di Bandung, yang dikembangkan Rowland Asfales sejak April 2016.

Pemuda yang akrab disapa Fales itu mengklaim bahwa sepatu yang dia produksi meminimalisir limbah, enegi dan emisi, yang berprinsip pada pola hidup sustainability. “Setiap sepatu kami 100% handmade, mengurangi pemakaian lem hingga 80%, ramah lingkungan, dan sepenuhnya memperdayakan tenaga pengrajin dan bahan baku Indonesia,” ungkapnya di Jakarta Timur.

Sepatu Pijakbumi berbahan vegetable tanned leather yang berasal dari material alam yakni tumbuh-tumbuhan. “Kami memilih material natural vegetable tanned leather karena bahan ini memiliki durabilitas tinggi, tingkat kelenturan sedang, resistensi terhadap noda yang cukup baik, dan karakteristik patina yang indah. Jadi inilah kualitas vegetable tanned leather yang ideal dan ramah lingkungan,” kata Fales lagi.

Selain itu metode dan proses pewarnaan kulit sepatu pun dilakukan dengan tangan (handmade) sepenuhnya tanpa menggunakan mesin. Meski demikian, produk Pijakbumi tetap terlihat mengikuti tren mode dengan dominan warna oxblood, atau nude.

Sejak meluncurkan produk Pijakbumi, Rowland telah berhasil mengaplikasikan kulit natural tersebut pada setiap produknya seperti boots, sneakers, hingga slip-on shoes.

“Hadirnya Pijakbumi adalah kami ingin menciptakan sebuah fashion line yang mendukung perkembangan produk-produk eco-friendly. Jadi dengan menggunakan bahan alami kami ingin merubah paradigma fesyen saat ini menjadi lebih ramah lingkungan,” tutur lelaki berperawakan putih itu lagi.

Dengan konsep natural itu, label fesyen Pijakbumi cepat meraih popularitas. Padahal pemasarannya baru melalui media sosial. Namun pembelinya tak hanya datang dari Indonesia, tetapi juga dari Asia hingga Eropa. “Pembeli pertama kami datang dari Jerman dan Spanyol, dan hal inilah yang menjadi semangat kami untuk menciptakan varian produk yang lebih matang,” klaim Fales bangga.

Source https://youngster.id https://youngster.id/creativepreneur/rowland-asfales-memproduksi-sepatu-ramah-lingkungan-yang-trendi
Comments
Loading...