Kerajinan Sepatu Songket Di Palembang

0 108

Kerajinan Sepatu Songket Di Palembang

Kain songket menjadi salah satu bahan busana tradisional khas Palembang. Tidak hanya dijadikan pakaian saja, tapi kain khas Palembang kini sudah merambah ke fashion sepatu songket.

Di tangan Nadina Salin inilah, kain songket bisa dimodifikasi menjadi sepatu songket yang feminin. Kecintaannya terhadap kain songket inilah yang membuat Nadina ingin mengenalkan budaya khas Palembang ke masyarakat luas.

“Biasanya kain songket hanya digunakan untuk pakaian saja, jadi saya ingin membuat tren sepatu songket,” katanya.

Bisnis fashion sepatu yang digelutinya sejak tahun 2014 ini cukup cemerlang. Selain sedikitnya minat pebisnis fashion melirik usaha sepatu songket, peminatnya juga cukup banyak. Bahkan para pelanggannya berasal dari luar Sumatera.

Bahan kain songket yang digunakannya, dibeli dari pengrajin kain songket di kawasan 14 Ulu Palembang setiap sebulan sekali. Jika pemesannya meningkat, Nadina bisa memproduksi sepatu selama 2 minggu sekali.

Beberapa jenis sepatu yang diproduksinya adalah sepatu flat wanita, sandal high hells, sepatu wedges dan sejenisnya. Harga yang dipatok juga beragam, mulai dari Rp 450.000 hingga Rp 550.000. Nadine membidik pasar media sosial (medsos) untuk memudahkan penjualan ke pelanggan dari luar kota.

Selain itu, sepatu dengan merk SCHU by Nadina Salim ini dipajang di butiknya yang sekaligus kediamannya di kawasan Kenten Permai, Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel).

“Produksinya di Bandung, karena sudah banyak pengrajin sepatu dan bahan yang digunakan juga lebih lengkap,” kata alumni Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Jurusan Seni Rupa ini.

Source https://www.liputan6.com https://www.liputan6.com/regional/read/2840752/promosi-budaya-palembang-melalui-sepatu-songket
Comments
Loading...