Kerajinan Sepeda Bambu Karya Warga Di Pasuruan

0 318

Kerajinan Sepeda Bambu Karya Warga Di Pasuruan

Nah yang satu ini kira-kira, pohon bambu ini bisa diolah menjadi apa saja. Kalau bambu sih mungkin banyak kegunaannya, bisa menjadi tongkat sampai beraneka kerajinan. Nah betul, satu lagi nih, bambu bisa disulap juga jadi sebuah sepeda ternyata. Di Jawa Timur, seorang pemulung kreatif menciptakan sepeda yang terbuat dari bambu.

Bambu yang lazim digunakan sebagai gedek atau dinding rumah, kini disulap menjadi karya seni yang unik. Hasil kreatifitas Sabar, warga kecamatan Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur, mampu merangkai bilah-bilah bambu ini menjadi sepeda. Mulai dari setir, sadel, pedal, bahkan sock breaker, semuanya terbuah dari bambu.

Ide pembuatan sepeda berawal dari banyaknya pohon bambu di desanya. Namun sabar terkendala modal untuk pembuatannya.

Proses pembuatan bambu ini cukup rumit. Dengan pisau kecil akar serabut dibentuk sedemikian rupa hingga mirip bentuk kepala binatang. Kemudian bagian badan sepeda dirangkai dan diberi pernis agar terlihat lebih berkilau. Tidak hanya sebagai pajangan, sepeda ini bisa juga dinaiki seperti sepeda umumnya.

“Uniknya ini bahannya semua dari bambu, cuma yang orisinilnya cuma ban. 2 tahun sudah, pria yang sehari-hari bekerja sebagai pemulung ini menekuni pembuatan sepeda bambu. Sepeda bambu ini nantinya akan dijual seharga 2 hingga 3 juta rupiah.

Source http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com http://rakyatjelataindonesiarajin.blogspot.com/2018/07/m-sabar-pembuat-sepeda-asal-pasuruan.html
Comments
Loading...