Kerajinan Serat Lontar Di Takalar

0 368

Kerajinan Serat Lontar Di Takalar

Anyaman serat lontar Hidayah Art & Craft kabupaten Takalar Sulawesi Selatan merambah Spanyol, Brunei dan Jepang. Anyaman serat lontar awalnya hanya dibuat songkok guru / songkok to bone yang dipakai khusus pada acara adat Bugis Makassar, seiring berjalannya waktu dibuat modifikasi menjadi tas, kipas, topi,tutup saji, dan aneka cinderamata.

Ir Andi Rahman Sulaiman pimpinan Hidayah Art & Craft mengatakan bahwa usaha ini berawal dari pengembangan ekonomi pedesaan yang didirikan pada tahun 2007 sebagai produk anyaman serat lontar bertujuan menghimpun para pengrajin untuk meningkatkan pendapatan ekonomi pengrajin, melalui peningkatan kwalitas dan kwantitas produk yang berdampak pada kemajuan usaha.

Pengrajin ini merupakan pembinaan kelompok hubungan kemitraan bukan sebagai majikan dan bawahan sebanyak 124 orang dari 8 kelompok di 5 desa di kecamatan Galesong Selatan Kab Takalar Sulawesi Selatan.

Anyaman serat lontar adalah produk asli buatan tangan prosesnya dilakukan secara tradisional dan tidak menggunakan mesin sehingga dalam proses pembuatan sebuah peci memerlukan waktu 3 hari karena dikerjakan dengan teliti dan menjaga kwalitasnya.

Harga 1 buah peci sebesar Rp.75.000, untuk produk anyaman serat lontar yang lain dijual berkisar antara Rp.100.000 s.d Rp.300.000, omset dalam sebulan berkisar antara 35 juta s/d 50 juta.

Pasar anyaman serat lontar di Indonesia sebenarnya sangat besar dan banyak permintaan apalagi mendekati bulan ramadhan, sedangkan untuk mancanegara setiap 3 bulan mengirimkan tutup lampu ke Spanyol, peci ke Brunei dan beberapa aneka cinderamata ke Jepang.

Anyaman serat lontar pernah mendapatkan penghargaan dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Perindustrian dan terakhir dari Pertamina Awards kategori mitra unggulan pemberdayaan masyarakat  yang rencananya akan diberikan pada tanggal 14 desember 2016

Source https://newbietoll.wordpress.com https://newbietoll.wordpress.com/2016/12/08/anyaman-serat-lontar-merambah-mancanegara/
Comments
Loading...