Kerajinan Sketsa Wajah Bahan Daun Jati Di Cicurug

0 158

Kerajinan Sketsa Wajah Bahan Daun Jati Di Cicurug

Anak-anak muda yang tergabung dalam Karang taruna Kampung Cisaat RT 05/01, Desa Cisaat, Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, patut di contoh. Kreatif, mereka bisa membuat karya seni yang unik. Sketsa dari bahan daun jati.

‘Lukisan’ sketsa daun jadi bisa dibuat sesuai dengan pesanan. Biasanya untuk foto wedding, keluarga, maupun¬† perorangan.

“Lukisan ini mulai digeluti sekitar 11 bulan lalu. Terinspirasi ketika melihat di salah satu sosmed, bedanya yang di sosmed menggunakan daun ketapang. Dari situ munculah untuk mencoba lukisan sketsa wajah menggunakan daun jati kering.” Ujar Eko Mulyana Saputra pengrajin.

Biasanya, sketsa dikerjakan oleh dua orang saja. Yakni Eko dan rekannya Aggita Destiawardani(17 Tahun). Bahan bakunya

diambil dari daun jati basah yang sudah menguning. Kemhdian dikeringkan menggunakan pengawet daun O2.

Menggunakan peralatan sederhana seperti silet dan pisau kater, daun dibentuk sesuai yang dibutuhkan.

“Seharusnya untuk memotong menggunakan cater pen namun, kami belum memiliki alat itu. Sehingga dalam pengerjaannya memakan waktu cukup lama, setelah warna dasar hitam baru di tempel potongan sketsa daun jati dan menghabiskan waktu sekitar empat jam,” ujarnya.

Pemasaran hasil karya ini baru dilakukan¬† melalui sosmed. “Namun alhamdulilah, sudah ada yang mesan dari Kalimantan Timur,” imbuh Eko.

Hasil karya Eko dan rekannya dipamerkan dalam pameran UKM di halaman Pendopo Kecamatan Cicurug, selama tiga hari Kamis-sabtu. Eko merasa pameran cukup membantu promosi hasil karyanya.

“Harga sketsa foto dengan ukuran 30 sentimeter X 40 sentimeter dengan harga120 ribu, ukuran 30 sentimeter X 20 sentimeter harga 80 ribu, yang kita pajang di stand pamerkan UKM,” pungkasnya.

Source https://sukabumiupdate.com https://sukabumiupdate.com/detail/sukabumi/peristiwa/44522-Kreatif-Sketsa-Wajah-Bahan-Daun-Jati-Karya-Remaja-Cicurug-Sukabumi
Comments
Loading...