Kerajinan Sol Sepatu Di Pare Pare

0 255

Kerajinan Sol Sepatu Di Pare Pare

Para pengrajin sol sepatu yang mangkal di Jl Karaeng Burane, Kelurahan Mallusetasi, Kecamatan Ujung, Kota Parepare dibanjiri pelanggan sejak pasca Idul Fitri tahun ini.

Salah seorang pengrajin, Andri mengakui, pihaknya menerima banyak pesanan jahitan sendal dan sepatu baru, yang diperkirakan dibeli masyarakat untuk digunakan lebaran.

Dia mengungkapkan, pada hari-hari biasa, penghasilan yang diperoleh hanya sebesar Rp 150 ribu hingga Rp 300 ribu. Namun, kata dia, sejak libur dan cuti lebaran, pihaknya memperoleh penghasilan mencapai Rp 1 juta – Rp2 juta.

“Mungkin sebagian orang kaget, tapi itulah kenyataannya dan tentu harus kami syukuri. Karena, masyarakat berbondong-bondong membeli sendal dan sepatu baru, yang langsung dijahit untuk supaya bisa tahan lama,” jelasnya.

Pihaknya mengemukakan, untuk ongkos jahit sendal maupun sepatu, tarif yang dikenakan yakni Rp 10 ribu – Rp 25 ribu. Sedangkan, lanjut dia, untuk ganti alas sepatu bisa mencapai Rp 100 ribu.

“Itukan dikali banyak, apalagi kami di sini beroperasi sejak pagi hingga menjelang maghrib,” ujarnya.

Sementara, salah seorang pelanggan, Misbahuddin mengatakan, pihaknya lebih memilih langsung menjahit sepatu yang dibeli, ketimbang terlebih dahulu menunggu hingga rusak.

“Lagipula ongkosnya juga terjangkau, dan manfaatnya untuk kita sendiri. Bayangkan misalnya kita sudah beli mahal, tapi tak diminta-minta lalu rusak, yang rugi kan kita sendiri. Makanya, saya langsung minta dijahitkan meskipun harus antre,” tandasnya.

Source http://rakyatsulsel.com http://rakyatsulsel.com/pengrajin-sol-sepatu-capai-omset-jutaan.html
Comments
Loading...