Kerajinan Songket Di Jembrana Go International

0 198

Kerajinan Songket Di Jembrana Go International

Songket di Jembrana, Bali, yang telah memperoleh sertifikat HAKI ini memiliki karakteristik khas mengedepankan corak asli Jembrana serta murni buatan tangan tanpa campur tangan mesin. Para perajin tenun songket Jembrana kini patut mengelus dada dan berbangga. Kerajinan tangan ini mulai go international setelah terpilihnya tenun ini mewakili Indonesia mengikuti pameran kerajinan tingkat internasional “Hand Made Korea Summer 2017” di Seoul, Korea Selatan.

“Motif songket Jembrana cenderung statis dan tidak rumit sehingga memudahkan untuk dimanfaatkan dari segi fashion. Tidak seperti motif rumit yang seringkali menyulitkan saat pemotongan kain untuk pola,” ujar Widiadnyana salah seorang perajin kain songket Jembrana. Di samping itu, dalam proses pewarnaan perajin akan lebih banyak memakai pewarna alami dari tanaman. Seperti dari bahan kunyit, akar mengkudu, daun mangga dan tanaman-tanaman lain yang masih banyak ditemukan di daerah Jembrana.

Widiadnyana mengaku berbangga akhirnya tenun ini mendapat pengakuan. Dirinya berharap melalui pameran di Korea bisa mengetahui arah trend kerajinan hand made saat ini serta berbagai inovasi mode yang sesuai dengan permintaan pasar luar negeri. Dalam pameran tersebut, kelompok ini akan membawa tiga songket tenun khas Jembrana, di antaranya Songket Bulan Bintang, Songket Alam Jembrana dan Songket Jembrana tanpa sambungan yang menurutnya satu-satunya di Jembrana.

Source Kerajinan Songket Di Jembrana Go International Kerajinan Songket Di Jembrana Go International
Comments
Loading...