Kerajinan Songket Di Pandai Sikek

0 154

Kerajinan Songket Di Pandai Sikek

Desa Pandai Sikek, Kabupaten Tanah Datar adalah sebuah tempat wisata di Sumatera Barat yang terkenal dengan kerajinan songket. Desa Pandai Sikek berada di Provinsi Sumatera Barat dan sangat cocok dijadikan tempat wisata untuk berburu oleh-oleh. Oleh-oleh yang bisa dibawa pulang bukan berupa makanan, melainkan sebuah kain songket khas Sumatera Barat. Desa ini memang sangat terkenal dengan jenis kerajinan ini karena memiliki sisi keindahan yang berbeda dengan kerajinan dari daerah lain.

Kerajinan Songket

Songket adalah sebuah kain tradisional yang biasanya digunakan untuk acara-acara adat seperti pernikahan dan sebagainya. Proses pembuatannya memakan waktu yang cukup lama sehingga harga jualnya juga cukup tinggi. Di lokasi wisata Desa Pandai Sikek, pengunjung bisa mendapatkan songket pandai sikek asli khas Sumatera Barat yang sangat cantik. Salah satu perajinnya adalah Ibu Enni.

Motif songket yang dibuat secara tradisional oleh penduduk setempat ini memiliki motif yang bernuansa alam. Kebanyakan dari mereka membuat motif songket yang menyerupai bentuk tanaman. Warna-warnanya juga sangat menarik.

Untuk jenisnya sendiri, songket yang bisa ditemukan di tempat wisata Desa Pandai Sikek ini terdiri dari 3 macam berdasarkan kualitas benangnya yaitu benang 1, benang 2 dan benang 3. Songket yang paling mahal yaitu benang 1 dimana pembuatannya lebih rumit dan membutuhkan waktu selama 1 bulan unuk membuat 1 kain saja. Sedangkan untuk benang 2 hanya membutuhkan waktu 3 minggu dan benang 3 hanya membutuhkan waktu 2 minggu saja.

Source http://www.pelangiholiday.com http://www.pelangiholiday.com/2013/09/songket-dan-kerajinan-kayu-dari-desa.html
Comments
Loading...