Kerajinan Songket Khas Aceh

0 325

Kerajinan Songket Khas Aceh

Melihat motif-motif menarik dengan ragam warna yang memikat hati ini pastilah membuat hati bertanya, apa kisah di balik pembuatan kain dan siapa gerangan pembuatnya. Benar, kain-kain yang terpajang di foto ini bukanlah sekedar kain. Ini adalah tenun songket Aceh yang dapat kita temui di sentra pengrajin Songket Jasmani di Desa Miruek Taman, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar.

Jasmani Daud, salah seorang pengrajin dari Desa Miruek Taman mulai berkarya sebagai penenun songket Aceh sejak tahun 1984. Keterampilan menenun diperolehnya dengan berguru pada mendiang Nyak Mu (Hj. Maryamu) yang meraih upakarti atas pengabdiannya sejak tahun 1973 bagi pelestarian pusaka kerajinan budaya Aceh di Desa Siem, Kecamatan Darussalam, Aceh Besar.

Pemerintah daerah melalui mantan Gubernur (Alm.) Prof. Dr. Ibrahim Hasan, MBA bersama sang isteri Siti Maryam sangat berperan dalam pengembangan industri kerajinan souvenir Aceh. Begitu pula mantan Bupati Aceh Besar (Alm.) Drs. H. Sanusi Wahab beserta isterinya Herawati yang konsisten dalam membina para pengrajin souvenir khas Aceh.

Industri rumah tangga songket Aceh ternyata berpotensi sebagai wisata atraksi bagi pelancong yang ingin menyaksikan proses pembuatan songket Aceh. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, didirikanlah Balee Buet Jaroe (Pusat Kerajinan Tangan) Siti Maryam di Desa Miruek Taman, Aceh Besar.

Pemerintah daerah saat itu juga aktif mengirimkan para pengrajin sebagai delegasi ke berbagai event seni dan budaya berskala domestik maupun mancanegara. Dari kegiatan tersebut diharapkan dapat diperoleh umpan balik untuk pengembangan industri kerajinan budaya Aceh. Di antara event yang diikuti oleh Jasmani adalah Festival Budaya Tongtong di Belanda pada tahun 1984.

Source Kerajinan Songket Khas Aceh Kerajinan Songket Khas Aceh
Comments
Loading...