Kerajinan Songket Motif Tretes Di Palembang

0 173

Kerajinan Songket Motif Tretes Di Palembang

Jangkauan pemasaran kain tradisional Indonesia di bidang fashion semakin meluas. Desainer ternamapun bergiliran memamerkan koleksi busana dengan bahan dasar kain tradisional Indonesia di berbagai panggung fashion.

Namun siapa sangka di era zaman now ini masih ada masyarakat yang menjaga keaslian budaya dari kain songket itu sendiri. Ya, tepatnya berada di Palembang Sumatra Selatan pengarajin kain songket yang merupakan warisan turun temurun ini masih di jaga keasliannya tanpa memodifikasi.

Pengrajin songket Palembang, Kemas Muhammad Ali yang beralamat di 30 ilir Jl. Ki Gede Ing Suro Lr. Langgar Kecamatan IB II Palembang.

Ia mengaku bahwa telah puluhan tahun manekuni pembuatan songket asli Palembang, kini usahanya tersebut menurun kepada anaknya.

Songket Motif Tretes

Pada kain Songket jenis Tretes ini umumnya tidak dijumpai pola atau motif pada bagian tengah kain. Misalnya motif-motif yang terdapat dalam Songket Tretes Mender yang hanya terdapat pada kedua ujung pangkalnya dan pada pinggir-pinggir kain, bagian tengah dibiarkan polos tanpa motif.

Source http://www.wacana.co/ http://www.wacana.co/2015/01/kain-songket-asal-mula-jenis-dan-maknanya/
Comments
Loading...