Kerajinan Songkok Bolong Di Bone

0 229

Kerajinan Songkok Bolong Di Bone

Desa Matajang, Kecamatan Dua Boccoe, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan, lokasi pembuatannya. Desa ini tak asing lagi bagi penjual ataupun pengusaha kopiah di Tanah Air. Kualitasnya bagus, namun harga sangat bersaing.

Desa Matajang berjarak 31 kilometer lebih dari Kota Watampone, ibu kota kabupaten. Bisa ditempuh menggunakan roda empat ataupun roda dua dengan waktu sekitar 40 menit. Kepala Desa Matajang, Saleh, yang menyambut ramah.

Mengetahui maksud penulis, lelaki berusia 49 tahun tersebut menjelaskan, warga desanya tidak hanya bekerja di sektor pertanian, tetapi juga sebagai perajin songkok.

Menurut Saleh, ada dua pengusaha besar di Desa Matajang yang mempekerjakan warganya sebagai perajin songkok, yakni Julaeha dan Sirmin. Keduanya juga merupakan warga Desa Matajang. Saleh menjelaskan, keahlian membuat songkok warganya merupakan keahlian turun temurun. Dari generasi ke generasi. Maka tidak heran, sangat mudah menemukan warga Matajang yang berprofesi perajin songkok.

Source https://fajar.co.id/ https://fajar.co.id/2017/07/07/jalan-jalan-ke-desa-matajang-kampung-pengrajin-songkok-bolong/
Comments
Loading...