Kerajinan Songkok Dari Pelepah Pisang Di Banyuwangi

0 238

Kerajinan Songkok Dari Pelepah Pisang Di Banyuwangi

Berawal dari melihat limbah ‘gedebog’ pohon pisang yang berserakan kala terbawa air hujan, muncul inspirasi untuk memanfaatkannya. Hadromi warga Dusun Krajan, Desa Gintangan, Kecamatan Blimbingsari ini mengambil gedebog itu dijadikan berbagai karya yang bernilai tinggi.

Meski butuh upaya ekstra, namun niatnya itu pun terbayar kala hasta karyanya songkok khas gedebog pisang tercipta. Bahkan, kini dari tangan kreatifnya itu, songkok gedebog pisang mampu menghasilkan pundi rupiah yang menggoda.

Produksi songkok ini baru berjalan tiga bulan lalu. Namun, sejak kemunculannya sudah banyak warga dari berbagai daerah yang memintanya. Ciri khas songkok ini, selain memberi warna sendiri, juga terlihat lebih artistik dan tentunya ramah lingkungan.“Baru sebulan ini saya mendapat formula untuk menyempurnakan pola debog atau pelepah pisang ini. Kendala awalnya sering pecah saat dikenakan maupun saat terkena panas. Cucu saya malah memasarkanya lewat internet,” ungkap Hadromi,

Hingga kini songkok buatannya itu masih belum dipasarkan secara massal. Karena sementara ini masih hanya diproduksi sendiri. Dalam sehari, dia bisa mengerjakan dua buah songkok pelepah pisang. Harga satuan songkok ini cukup terjangkau dikisaran Rp 45 ribu.

“Selain songkok juga bisa dibuat tas dan dompet yang juga berbahan debog pisang. Proses pembuatannya memang butuh ketelatenan dan keahlian khusus,” jelasnya

Hadromi memang bukanlah orang baru di bidang kreatifitas produksi songkok ini. Karena dirinya mengaku sudah pernah membuat songkok berbahan kain batik khas Banyuwangi. Sayangnya, setelah laku dipasaran ternyata songkok tersebut justru banyak yang menjiplak atau memproduksi massal.

Selain itu, kata Hadromi, songkok batik khas Banyuwangi kreasinya tersebut justru dinilai sangat bergantung pada pabrik dan harga kain batik yang terus berkembang. Hingga akhirnya memutuskan untuk menggunkan gedebog atau pelepah pisang untuk bahan songkok.

“Kita harus mencari jalan lain untuk mengkreasi bahan lainnya. Pokoknya kudu kreatif asal mau mengerjakan pasti jalan,” tandasnya.
Source http://beritajatim.com http://beritajatim.com/gaya_hidup/287445/kreasi_baru_warga_gintangan,_songkok_berbahan_gedebog_pisang.html
Comments
Loading...