Kerajinan Songkok Di kebumen

0 231

Kerajinan Songkok Di kebumen

Songkok, yang sering disebut juga sebagai peci atau kopiah merupakan sejenis topi tradisional bagi orang Melayu terutama di Indonesia. Songkok yang juga dikenal dengan nama peci ini kemudian menjadi bagian dari pakaian nasional, dan dipakai oleh orang beragama Islam.

Di Desa Bandung Sruni, Kabupaten Kebumen, Propinsi Jawa Tengah juga terdapat sentra industri Penyuplai dan Produsen songkok terbesar setelah Gresik. Tepatnya pada Desa Bandung Sruni yang terletak tidak jauh dari pusat Kabupaten Kebumen.

Hampir seluruh penduduk Desa Bandung berprofesi sebagai pembuat Songkok, seperti Songkok buatan Syarif Hidayat yang sudah mulai menekuni industri Songkok dari tahun 2010. Songkok buatan Syarif sudah tersebar secara Nasional dan masih akan dikembangkan agar bisa mengekspor ke luar negeri. Rata – rata perharinya songkok buatan Syarif laku sebanyak 10 kodi atau 200 buah Songkok. yang tersebar hingga luar pulau Jawa.

Proses pembuatan satu Songkok hanya membutuhkan waktu 10 menit, dari pemotongan bahan sampai penjahitan. Pertama yang dilakukan adalah Ngrimbas atau mengukur tinggi dan lebar Songkok, lalu memasang label merk dengan menjahitnya. Kedua membentuk pinggiran Songkok dan atasnya kemudian disambungkan dengan cara dijahit, selanjutnya memasang blustru badan dan terakhir Ngesum ato menjahit secara manual untuk merapikan potongan kain dengan blustru.

Pada tempat Pembuatan Syarif Hidayat hanya beberapa pegawai yang dipekerjakan dari anggota Pondok Pesantren, selebihnya Songkok dibuat di Rumah-rumah warga sekitar dengan bahan-bahan yang sudah disediakan Syarif untuk dibawa pulang ke rumah.

Untuk beberapa bahan, syarif masih mengambil dari Kota Gresik yang sudah terlebih dahulu menjadi sentra pembuatan Songkok Nasional. Dalam sentra ini, Syarif dan warga Desa Bandung Sruni berharap Pemerintah juga berperan aktif untuk membantu meningkatkan produksi dan pemasarannya agar perekonomian di Kabupaten Kebumen dapat meningkat dan mempunyai kebanggaan tersendiri sebagai daerah penghasil Songkok yang berkualitas Nasional, seperti dalam hal perbaikan sarana dan prasarana.

Source Kerajinan Songkok Di kebumen Kerajinan Songkok Di kebumen
Comments
Loading...