Kerajinan Songkok Di Tanjung Pinang

0 202

Kerajinan Songkok Di Tanjung Pinang

Bulan Ramadan menjadi bulan yang penuh berkah bagi siapapun tanpa terkecuali pelaku usaha kecil dan menengah seperti Syafran, salah seorang pengerajin songkok atau peci di jalan Ahmad Yani Batu 5 Tanjungpinang.

Jumlah pesanan songkok buatannya yang diberi merek Gurindam Songkok ini permintaannya meningkat tidak seperti hari biasa. “Alhamdulillah banyak yang beli, apalagi jelang lebaran, tak lengkap rasanya hari raya pake baju kurung tapi tak pake songkok.” ujar Syafran.

Gurindam Songkok milik Syafran juga menerima pesanan pembuatan songkok sesuai model, bentuk dan warna pilihan pemesan. “Pemesan tinggal sesuai selera mereka, saya akan membuatnya,” katanya.

Proses pembuatan songkok ini terbilang cukup rumit. Proses pertama adalah menjahit beberapa lembar kertas karton, lalu dibentuk lingkaran bulat telur. Setelah itu kertas karton yang berbentuk telur tersebut dijahit dengan dilapisi kain belundru.

Setelah dilapisi kain belundru, tinggal proses akhir atau finishing yaitu menjahit ujung bawah songkok dan merapikannya. “Ya begitulah pekerjaan dan aktivitas saya sehari-hari, ujar Syafran yang bisa membuat 10 hingga 20 songkok perhari.

Tidak hanya itu, selain banyak pesanan songkok, syafran juga menjajakan songkok buatannya dari rumah ke rumah dan juga dari kantor satu ke kantor yang lainnya di Tanjungpinang. “Kalau ada waktu luang, biasanya saya menjual songkok keliling Tanjungpinang,” ungkapnya.

Harga songkok yang ditawarkan cukup beragam, mulai dari harga Rp50ribu, Rp75ribu hingga harga Rp120ribu tergantung bahan kain beludru dan tingkat kerumitan saat pembuatan songkok pesanan. “Harga sangat beragam, tergantung pemilihan bahan kain dan kerumitan saat membuatnya,” katanya.

Syafran menambahkan, tidak hanya songkok, dirinya juga membuat tanjak melayu dan baju kurung. “Kalau mau bikin tanjak, datang saja ke Gurindam Songkok,” katanya berpromosi. 

Source http://batampos.co.id http://batampos.co.id/2017/05/31/ramadan-pengrajin-songkok-banjir-pesanan/
Comments
Loading...