Kerajinan Souvenir Cantik Karya Napi Di Bondowoso

0 302

Kerajinan Souvenir Cantik Karya Napi Di Bondowoso

Lembaga pemasyarakatan (Lapas) Bondowoso, Jawa Timur, siapkan ruangan khusus Bimbingan Kerja (Bingker) untuk narapidana (napi) yang ingin wadhi napi yang ingin mengembangkan kemampuan dan keahlian di bidang kerajinan tangan.

“Kami sediakan Bingker untuk mewadahi dan memfasilitasi warga binaan agar belajar dan mengembangkan keahliannya,” ungkap Kamesworo, Kepala Seksi Bimbingan Narapidana/Anak Didik (Kasibinadik).

Menurut Kamesworo, usai menjalani masa hukuman, warga binaan tentu membutuhkan perkerjaan. Oleh kerenanya, mereka dibekali keahlian dan siap untuk bekerja.

“Di dalam ruangan itu sudah kami sediakan mesin dan alat ukir sebagai sarana pendukung pembuatan kerajinan tangan untuk Napi,” sambungnya.

Katanya, sudah banyak karya yang dihasilkan oleh para Napi. diantaranya kerajinan kaligrafi, miniatur ikan, gantungan kunci, tatakan Al-Quran, kursi kayu, miniatur sepeda motor Vespa dan Harley Davidson, miniatur meriam, ukiran harimau dan miniatur mobil kayu.”Dan juga lukisan-lukisan bergambar bunga dan kuda,” imbuhnya

Kamesworo menambahkan, kerajinan tangan yang sempat diikutkan dalam pameran di acara Jazz Republik Kopi kemarin tujuannya, adalah menunjukkan kepada publik bahwa Napi di Lapas Bondowoso punya karya dan produk yang siap dipasarkan.

“Produk yang dipamerkan kemarin merupakan hasil kumpulan kerajinan tangan warga binaan selama satu tahun, yang mereka buat dari hasil limbah kayu,” katanya.

Menurutnya mereka membuat dan mengerjakan kerajinan tangan dari hasil kemampuannya sendiri tanpa ada yang mengajarinya di ruangan khusus Bingker Lapas Bondowoso itu.

Source http://www.timesbanyuwangi.com http://www.timesbanyuwangi.com/read/27619/20180507/141015/lapas-bondowoso-wadahi-napi-kembangkan-kerajinan-tangan/
Comments
Loading...