Kerajinan Souvenir Cantik Karya Siswa MI Di Lamongan

0 236

Kerajinan Souvenir Cantik Karya Siswa MI Di Lamongan

Wajah ceria dan malu-malu tampak di wajah pelajar Madrasah Islamiyah (MI) Kedungmegareng, Kembangbahu, Lamongan. Mereka memamerkan hasil kerajinan tangan di depan pengunjung saat Exhibition Class. Berbagai kerajinan tangan yang dipamerkan pelajar kelas 1-6. Di antaranya kaligrafi, miniatur rumah dan berbagai pernak-pernik souvenir cantik.

Beragam kerajinan tangan yang dipamerkan di antaranya menggunakan bahan-bahan bekas pakai. Aidatuz Zahwa, salah satu pelajar kelas 5 memamerkan kerajinan tangan terbuat dari tulang ikan Manyung yang disulap jadi souvenir cantik.

“Tulang ikan ini saya dapat dari teman saya yang ada di Slatung Desa Tlogoagung Kembangbahu, kemudian saya mencoba untuk mengkreasikan,” kata Aida.

Aida mengatakan, ia sengaja menggunakan tulang ikan sebagai souvenir cantik bertuliskan lafadz Allah dan Muhammad. Pasalnya, belum ada teman-temannya yang menggunakan ikan sebagai bahan berkreasi.  Untuk membuatnya, jelas Aida, mudah sekali. Sebab, tinggal membentuk tulang sesuai dengan selera. Lalu dicat dan dilukis kaligrafi di tengah tulang.


“Ini dijual hanya Rp 15 ribu saja,” ungkap Aida yang juga mengaku senang dengan kegiatan Exhibition Class ini karena ia bisa unjuk kreatifitas. Selain Aida, ada juga Alfin Mailiya, pelajar kelas 5 ini juga memamerkan barbagai barang yang terbuat dari bahan-bahan bekas pakai. “Ada tempat pensil dari bekas botol minuman, tempat tisu dari plastik bekas jajan chiki, dompet dari plastik bekas, bunga dari plastik, dan juga pembersih sarang laba-laba dari bekas botol minuman,” terang Alfin yang mengaku sengaja kreasinya dibuat dari bahan bekas agar tidak menjadi sampah.

Tak hanya menyajikan kerajinan tangan yang cantik saja, beragam jajanan pasar tradisional tersedia. Seperti serabi, klepon, getuk, getuk lindri, cenil dan lainnya. Kepala Sekolah MI Islamiyah, Umar Taufiq mengaku exhibition class ini selain pembelajaran juga membuat para pelajar lebih terampil dan belajar berwirausaha. Selain dilakukan pameran berbagai kerajinan tangan, lanjut Taufiq, juga dilakukan berbagai pameran pembelajaran.

“Ini adalah ajang kreativitas siswa dan juga ajang untuk belajar berwirausaha, karena semua kerajinan tangan karya siswa ini juga bisa dibeli,” aku Taufiq.

Sementara Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif Lamongan, Husen menuturkan, kegiatan tersebut merupakan bagian dari penerapan pembelajaran model saintifik dengan indikator munculnya banyak produk-produk pembelajaran yang dilakukan.  “Sesi pamerannya bertujuan untuk memberi motivasi siswa, agar muncul percaya diri, semangat berkreasi dan trampil dalam mempromosikan hasil karyanya,” tutur Husen yang juga berharap agar setiap lembaga binaan LP Ma’arif Lamongan juga dapat mengadakan kegiatan yang sama.

Source https://news.detik.com https://news.detik.com/berita-jawa-timur/d-3834469/pelajar-di-lamongan-ini-diajak-berkreativitas-dan-berwirausaha?_ga=2.205905815.585601401.1523927319-1244810312.1523508834
Comments
Loading...