Kerajinan Souvenir Dari Limbah Batang Singkong Di Bogor

0 322

Kerajinan Souvenir Dari Limbah Batang Singkong Di Bogor

Lima mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) mengembangkan batang singkong menjadi souvenir etnik dan menarik khas Bogor yang dapat menjadi nilai jual bagi masyarakat. Produk tersebut dinamakan Cassaboe yang menghasilkan kerajinan dari limbah batang singkong dengan nilai jual yang tinggi.

Cassaboe merupakan kreasi dari Tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) IPB yang terdiri dari lima orang, yakni Faiz Ahmad Ghozy, Nuri Septika Widyawati, Diska Anjelina Sudarta, Luthfi Kartiko dan Farida Utami Ritonga.

Dia menyebutkan, dalam mengkreasikan Cassaboe menjadi souvenir menarik dengan memberdayakan warga desa di Bogor sebagai pengabdian masyarakat. Tujuan program tersebut untuk meningkatkan keterampilan dan produktivitas pemuda serta membuka peluang wirausaha di masa yang akan datang.

Program Cassaboe, berupaya memfasilitasi pemuda Wargajaya, Cigudeg, Bogor untuk menggali potensi dan meningkatkan produktivitasnya. Desa Wargajaya merupakan salah satu desa penghasil ubi kayu yang cukup besar di Kabupaten Bogor. Limbah batang singkong yang dihasilkan cukup banyak. Sebanyak 15 pemuda, lanjutnya telah menjadi kelompok sasaran dari program ini. Limbah batang singkong yang sudah tidak digunakan dapat dimanfaatkan dan dikreasikan menjadi souvenir fungsional dan estitis sehingga meningkatkan nilai tambah produk.

Source https://agrifood.id https://agrifood.id/setelah-gula-cair-kulit-singkong-kini-batang-singkong-jadi-souvenir/
Comments
Loading...