Kerajinan Souvenir Dari Limbah Spon Di Garut

0 412

Kerajinan Souvenir Dari Limbah Spon Di Garut

Pada umumnya orang beranggapan bahwa untuk memulai sebuah  wirausaha, yang paling utama adalah masalah modal usaha. Sehingga banyak yang kurang berani untuk memulai wirausaha baru. Kebanyakan orang memilih untuk bekerja sebagai karyawan atau buruh pada orang lain. Mereka beranggapan bahwa dengan bekerja sebagai pekerja pada orang lain tidak membutuhkan biaya yang tinggi.

Salah satu usaha dengan modal yang relatif kecil yaitu wirausaha pembuatan  suvenir dari bahan busa spon. Amin warga dari Garut, Jawa Barat mengkreasikan busa spon yang dibentuk menyerupai hati, lingkaran, oval, bentuk kupu-kupu atau bentuk hewan yang lain dan pada permukaannya diberi tulisan berwarna-warni menurut permintaan pembeli ini sangat digemari oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Suvenir dari bahan busa spon ini dapat dipergunakan untuk gantungan kunci motor dan mobil, tas, dan dapat juga di pajang di dinding-dinding rumah sebagai hiasan. Bentuk yang unik dan simpel namun cukup menarik maka suvenir ini sangat cocok dipergunakan sebagai kado. Bahkan suvenir ini juga dapat dipergunakan sebagai hadiah pada acara resepsi pernikahan.

Bahan Pembuatan Souvenir Spon

  1. Lembaran Busa Spon

Busa spon sering juga disebut dengan Sponge Eva atau Busa Eva. Busa spon ini berbentuk lembaran dengan ketebalan setengah sentimeter hingga satu meter. Jika kesulitan mendapatkan busa spon, bisa membeli busa spon dengan ukuran yang masih utuh karena bahan busa ini termasuk sangat murah. Ukuran standar busa spon ini adalah 220 cm x 120 cm dengan ketebalan 2 mm sampai dengan 90 mm. Busa spon ini memiliki banyak warna dan motif yang dapat dijadikan pilihan.

  1. Alat Potong

Alat potong yang dapat gunakan adalah gunting dan cutter. Namun yang perlu ketahui adalah alat pemotong tersebut harus benar-benar tajam karena bahan busa spon termasuk bahan yang ulet.

  1. Lem

Lem ini pada dasarnya sebagai media perekat antara pasir warna pada busa spon.

  1. Pasir Warna

Pasir warna ini dapat dibuat dari pasir silika yang dicat. Cara pengecatan pasir silika ini adalah dengan mencampurkan bahan bubuk cat ke dalam pasir. Mengenai warna cat, banyak pilihan jenis warna menurut selera.

Cara Pembuatan Souvenir Spon

  1. Mempersiapkan lembaran busa spon
  2. Potonglah lembaran busa spon tersebut dengan gunting atau cutter untuk dibentuk hati, kupu-kupu, atau yang lain menurut selera.
  3. Berilah lubang pada bagian atas sebagai tempat gantungan kunci.
  4. Tuliskan dan gambarkan menurut permintaan pembeli pada permukaan busa spon dengan menggunakan lem.
  5. Celupkan busa spon yang sudah diberi tulisan tadi kedalam larutan pasir berwarna.
  6. Keringkan busa spon di udara bebas hingga benar-benar kering yang ditandai dengan lem menjadi keras.
Source https://muh-amin.com https://muh-amin.com/manfaatkan-limbah-industri-busa-spon-jadi-suvenir-cantik/
Comments
Loading...