Kerajinan Souvenir Dari Tanaman Herbal Di Bandung

0 137

Kerajinan Souvenir Dari Tanaman Herbal Di Bandung

Anak muda berbisnis di bidang pertanian memang semakin langka saat ini, Raden Nanda Teguh Perkasa adalah salah satu anak muda yang langka itu. Pria lulusan Fakultas Pertanian Universitas Padjajaran tahun 2014 itu mengembangkan konsep unik untuk menjual produk pertanian tanaman hias dan herbal. Nanda, demikian sapaannya membuat taman gantung mini dan produk souvenir berupa tanaman herbal dan hias.

Suatu saat jika Anda mendapatkan souvenir pernikahan berupa tanaman hias atau herbal yang dikemas cantik bisa jadi itu adalah produk Nanda. Bagaimana dan apa saja yang dilakukan Nanda dalam membangun bisnisnya? Berikut wawancara reporter Arie Liliyah dari SWA Online dengan Raden Nanda TP, yang ditemui saat mengikuti pameran tahunan Agrinex ke -9 di Jakarta.

Awalnya produk itu mini vertikal garden. Waktu itu ada yang minta dibikinkan vertikal garden tapi yang versi mininya, karena menurut dia kalau pakai jasa vertikal garden agak mahal dan sulit karena jasa vertikal garden itu melayani yang skala besar seperti di kantoran.

Untuk yang di little gardenia ini kami buatkan vertikal garden dalam bentuk rak kayu 4 susun, ini kayunya jati, dengan lubang-lubang untuk diisi pot, dalam satu rak itu terdiri dari 4 lubang. Jenis tanamannya ada dua yakni herbal dan tanaman hias. Jadi konsumen boleh milih sendiri jenis tanaman yang dia suka untuk dimasukan dalam paket yang dia beli. Kami punya 13 jenis herbal, seperti coriander, parsley, mint, stevia dan oregano.

Kalau untuk mini vertikal garden, biasanya permintaannya itu berdasarkan kegemarannya si konsumen, misalnya ada yang lebih suka herbal untuk olahan makanan daging karena dia suka masak daging-dagingan, maka kami rekomendasikan dalam paketnya dia ambil rosemary, oregano atau coriander. Beda lagi kalau orang yang suka dengan minuman herbal maka dia bisa pilih ppermint atau stevia, lemonbalm.

Jadi waktu dibeli, tanamannya sudah tumbuh sehingga si konsumen tinggal melanjutkan merawat dan memelihara di rumah. Masa hidupnya juga lumayan lama, dan tanaman herbs seperti mint itukan pemakainannya misalnya untuk secangkir teh cukup satu lembar daun.

Satu paket Rp 1 juta untuk yang herbs kalau yang tanaman hias Rp 800 ribu, Tanamannya hiasannya jenis kaktus, sansiviera, inikan ada manfaatnya untuk menyerap polusi dalam ruangan, lalu kelompok sukulen, tanaman merambat, dll. Lalu untuk yang souvenir mulai dari Rp 10 – 30 ribu per buah dengan syarat pemesanan minimal 500 buah untuk satu event.

Source https://swa.co.id https://swa.co.id/youngster-inc/entrepreneur-youngsterinc/raden-nanda-menyulap-tanaman-herbal-jadi-souvenir-pernikahan
Comments
Loading...