Kerajinan Souvenir Dari Tanduk Kerbau Di Batanghari

0 157

Kerajinan Souvenir Dari Tanduk Kerbau Di Batanghari

Usaha kerajinan tanduk kerbau saat ini mulai menjamur di Kabupaten Batanghari. Bahkan para pengrajin tanduk tersebut sudah membentuk komunitas yang dinamai Komunitas Pengrajin Industri Kreatif (KPIK) Seloko Batuah. Oleh para pengrajin yang tergabung dalam KPIK, tanduk kerbau maupun tanduk sapi, diolah menjadi berbagai macam souvenir menarik. Tidak hanya tandung, pengrajin KPIK juga mengolah batok kelapa dan pelepah pinang.

Walupun tergolong baru, namun pengrajin yang tergabung dalam KPIK sudah bisa membuat berbagai suovenir menarik, seperti miniatur motor Harley Davisson, alat musik, Keris Siginjai, tempat handphone, gelang, tempat pulpen, pipa rokok, kalung, dan lain sebagainya.

Ketua KPIK Seloko Batuah Batanghari, Yahya Mulya, mengatakan awalnya para pengrajin hanya mengolah akar bambu untuk dibuat souvenir. Namun belakangan, kata Yahya, baru dikembangkan ke kerajinan tanduk.

“Para pengrajin sudah pernah diberangkatkan ke Magelang untuk mengikuti pelatihan. Dan sejauh ini sudah ada berbagai macam bentuk souvenir yang dihasilkan,” kata Yahya.

Sementara itu Herlas, salah seorang pengrajin mengatakan, awalnya ia memang hobi membuat souvenir dari berbahai bahan, salah satunya tanduk. Atas perhatian dari beberapa dinas terkait, maka dibentuklah komunitas pengrajin.

“Berawal dari hobi, kemudian kami bentuk komunitas. Yang mana sementara ini memang belum menjual. Namun kami masih produksi untuk mengejar target MTQ tingkat provinsi mendatang,” kata Herlas.

Source https://www.suara.com https://www.suara.com/partner/content/metrojambi/2018/02/11/034534/pengrajin-di-batanghari-olah-tanduk-kerbau-jadi-berbagai-souvenir-menarik
Comments
Loading...