Kerajinan Souvenir Gerabah Di Bojonegoro

0 291

Kerajinan Souvenir Gerabah Di Bojonegoro

Menurunya minat konsumen dalam membeli celengan gerabah khas Bojonegoro, membuat para pengerajin celengan gerabah di Kecamatan Malo, Bojonegoro, beralih provesi menjadi pembuat souvenir gerabah. Tak disangka, para pengrajin gerabah souvenir ini, mendapat begitu banyak permintaan. Padahal, sebagian dari mereka juga berprofesi sebagai penggarap sawah.

“Ide awalnya muncul karena saya melihat banyak peminat boneka kartun. Hal itu membuat gerabah celengan makin menurun. Saya lalu mencoba untuk membuat gerabah souvenir yang berbentuk aneka macam boneka juga tokoh animasi,” ujar Ismail, salah satu pengrajin  souvenir gerabah.


Ia tak menyangka jika gerabah tersebut ternyata laris di pasaran. Pemesan mulai banyak yang berdatangan. Bahkan tak jarang pemesan itu memesan dalam jumlah banyak untuk dijadikan souvenir pernikahan.

“Mungkin karena harganya yang relatif murah. Saya menjual hanya dikisaran harga 5 ribu hingga 10 ribu rupiah,” jelasnya.

Saat ini, peminat gerabah souvenir ini bukan hanya datang dari Bojonegoro saja melainkan ada juga yang dari Lamongan dan Tuban. Ismail mengaku, sering kewalahan dalam melayani pesanan souvenir hasil tangannya ini. Selain jumlah permintaan yang lumayan banyak, ia juga terkendala di permodalannya

Source http://pojokpitu.com http://pojokpitu.com/baca.php?idurut=2726&&top=1&&ktg=J%20Pantura&&keyrbk=Ekonomi%20Dan%20Bisnis&&keyjdl=souvenir
Comments
Loading...