Kerajinan Souvenir Kaktus Karya Mahasiswa Di Malang

0 160

Kerajinan Souvenir Kaktus Karya Mahasiswa Di Malang

Kaktus adalah nama tumbuhan famili Cactaceae. Umumnya kaktus hidup di daerah-daerah yang kering seperti gurun. Tumbuhan ini dari segi bentuk terbilang unik. Morfologi daun, batang, dan akarnya yang berbeda dengan tumbuhan lainnya.

Karena keunikan tumbuhan kaktus inilah, tiga mahasiswi Universitas Negeri Malang (UM) berinisiatif merangkai tumbuhan tersebut. Ketiga mahasiswi itu adalah Nasyikhatur Rohmah, Muharami Khoirun Nisa’,  dan Sevina Zuhri. Diberi nama Cactsweet, kaktus ditawarkan sebagai hiasan rumah dan souvenir wisuda hingga pesta pernikahan.

“Kita bertiga suka aja sama bentuknya kaktus trus kita jual tumbuhan kaktus. Lama-lama kok kayaknya bosan ya kalau cuma kaktus tumbuh di atas pot hitam. Jadilah kita buat kreasi kaktus seperti sekarang,” jelas Nasyikhatur Rohmah mewakili kedua rekannya.

Wanita yang akrab disapa Rohmah ini menerangkan untuk membuat souvenir kaktus mereka biasa menambahkan pasir, batu, dan tanah liat halus. “Untuk variasi biasaya kita buat pasir atau batunya dengan warna lain supaya lebih cantik hasilnya,” imbuh dia.

Selain itu, tak jarang mereka menambahkan hiasan berbahan kain flanel. Ada pula pelanggan yang meminta dibuatkan tulisan khusus. “Biasanya ada yang request ada tulisan baik kita buatkan di antara kaktusnya atau dituliskan di pot yang terbuat dari kaca ini,” papar Rohmah.

Usaha yang diawali Februari silam itu terbilang lumayan. Rohmah mengungkapkan di acara wisuda, souvenir kaktus kreasi mereka bertiga ludes terjual. “Kalau wisuda kita selalu buka stan dan alhamdulillah ramai,” kata wanita berusia 25 tahun ini.

Selain acara wisuda, pesanan dari luar Kota Malang juga berdatangan. Akan tetapi untuk pesanan luar kota mereka rupanya harus ekstra hati-hati. Terutama dalam hal pengiriman.

“Karena kaktus ini kan harus hati-hati. Jadi kita biasanya pisahkan dulu, tumbuhan dan potnya sama untuk hiasan. Misal pasir atau batunya kita kasih wadah sendiri. Nah semuanya itu kita kasih juga step untuk menghias. Biasanya kalau luar kota kita terapkan standar pengiriman seperti itu,” terangnya.

Kreasi kaktus mahasiswi Malang ini diproduksi do daerah Madya Utomo Tumpang Kabupaten Malang. Soal harga, kaktus cantik mereka dibandrol di kisaran harga mulai Rp 20.000. “Kita pasarkan secara online lewat Instagram @cactsweet dan untuk harga kita terjangkau aja,” tukas Rohmah.

Source http://m.jatimtimes.com http://m.jatimtimes.com/baca/162395/20171126/162614/di-tangan-mahasiswi-malang-ini-tumbuhan-kaktus-jadi-souvenir-/
Comments
Loading...