Kerajinan Souvenir Limbah Jerami Di Banjarbaru

0 172

Kerajinan Souvenir Limbah Jerami Di Banjarbaru

Kepedulian pada lingkungan tak mesti ditunjukkan dengan cara-cara bombastis. Ia bisa dimulai dari hal sederhana. Seperti mengubah limbah jerami menjadi produk berguna.

Sekretariat PKK digelar pelatihan pengembangan produk ramah lingkungan dari limbah jerami. Pelatihan hasil kerjasama dengan PKK Banjarbaru. Ketua TP PKK Banjarbaru, Ririen dan wakilnya Eny Apriyati hadir untuk membuka pelatihan.

Sekretaris DLH Banjarbaru, Rosita menyebutkan, pelatihan sehari ini diikuti 35 orang. Mereka perwakilan TP PKK kota, kecamatan dan kelurahan, ditambah undangan dari GOW. Narasumbernya dari DLH dan Komunitas Green and Clean.

“DLH berharap, pelatihan bisa menumbuhkan ekonomi kreatif. Lewat pembuatan kerajinan dari limbah jerami. Sembari menjaga lingkungan kita,” ujarnya.

Sementara itu, Ririen mengatakan jerami sangat melimpah di Banjarbaru. Selama ini, jerami hanya menjadi makan ternak atau media tanam jamur Merang. “Selebihnya dibakar begitu saja, sayang sekali. Karena jerami di tangan yang terampil bisa menjadi suvenir yang unik dan artistik,” jelasnya.

Peluang wirausahanya juga masih terbuka lebar. Sebab, pemainnya masih sedikit. Kerajinan jerami masih terbilang langka. “Pelatihan ini juga sejalan dengan misi walikota, menciptakan wirausaha yang mandiri dan berdaya saing. Di sisi lain, meningkatkan ekonomi keluarga warga Banjarbaru,” pungkas Ririen

Source http://kalsel.prokal.co http://kalsel.prokal.co/read/news/8556-kreatifnya-ibu-ibu-di-banjarbaru-jerami-disulap-jadi-souvenir.html
Comments
Loading...