Kerajinan Souvenir Menarik Di Siberut Selatan

0 186

Kerajinan Souvenir Menarik Di Siberut Selatan

Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat memiliki ragam kerajinan handalannya bernilai tinggi. Selain panah, juga ditemukan kerajinan mainan cukup menarik. Malah, sebagian orang mentawai menyimpan kepala-kepala tengkorak berbagai jenis binatang di dalam rumah. Galeri milik Bicar Napitupulu di Kecamatan Siberut Selatan, Kabupaten Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat satu dari sekian banyak galeri yang mengeloksi kerajinan hasil karya anak Mentawai.

Di rumah berukuran enam kali tujuh meter ini menyimpan ratusan jenis koleksi kerajinan yang akan dijadikan oleh-oleh dari Kabupaten Kepulaun Mentawai.

Sebagian besar kerajinan ini dibelinya dari masyarakat sekitar dan ada yang dibuat sendiri. Galeri ini menjadi pusat belanja kerajinan setiap wisatawan berkunjung ke daerah Pulau Siberut ini. Di dalam galeri ini ada ratusan jenis koleksi. Diantaranya, anak panah, busur panah, perahu dan dayung. Tidak kalah menariknya adalah ratusan kepala tengkorak binatang yang dipajang di galeri ini.

Mulai dari binatang buas hingga binatang peliharaan warga. Seperti Harimau, Rusa dan Kera. Tengkorak ini menandakan bahwa orang mentawai sangat tergantung dengan alam. “Bagi warga Mentawai, alam satu-satunya tumpuan hidup,” ujarnya.

Kerajinan Mentawai memang hanya menggunakan tiga bahan dasar utama, yaitu kerang, kayu dan kulit kayu. Mulai dari bahan baku hingga tenaga pembuatnya yang merupakan warga asli Mentawai.

Sebagai pria yang mendedikasikan hidupnya untuk seni Mentawai ini, mengakui banyaknya kendala yang dihadapi untuk mengembangkan kerajinan Mentawai. Lemahnya sumber daya manusia di Mentawai membuat hasil karya yang dihasilkan tidak maksimal.

Padahal, dari segi permintaan, kerajinan mentawai cukup diminati. Apalagi, banyaknya wisatawan asing yang datang ke mentawai untuk surfing. Sebenarnya ini kesempatan yang cukup bagus untuk dimanfaatkan. Sayang kesadaran dari masyarakjat sendiri juga masih kurang.

Source http://arbesfm.com http://arbesfm.com/844-2/
Comments
Loading...