Kerajinan Souvenir Militer Di Magelang Tengah

0 190

Kerajinan Souvenir Militer Di Magelang Tengah

Selain Kota Gethuk, Kota Magelang juga dikenal sebagai Kota Militer. Pasalnya seperempat wilayah kota ini menjadi basis militer mulai dari Akademi Militer (Akmil), Rindam IV Diponegoro, Secaba TNI, hingga Artileri Medan (Armed). Darwo Wibowo warga Perum Tidar Indah, Kelurahan Magersari, Kecamatan Magelang Tengah, menangkap peluang tersebut menjadi sebuah usaha menggiurkan. Darwo memproduksi beragam kerajinan atau aksesoris serba militer. Ia mengawali usahanya itu sejak 2006. Baca juga: Terhalang Izin Penggunaan Logo, UKM Tak Bisa Bikin Suvenir Asian Games Berbagai profesi telah dikerjakan pria asli Brebes, Jawa Tengah itu, mulai dari penjual sandal, tahu hingga buruh serabutan.

Cinderamata karya Bowo yang dipesan Gubernur Akademi Militer (Akmil). “Kota Magelang ini Kota Militer, ini peluang usaha yang berhubungan dengan militer. Apalagi saya suka seni dan percetakan, jadilah saya bikin suvenir sampai sekarang,” kata Bowo belum lama ini. Awalnya usahanya hanya dibantu sang istri, Winarni. Namun berkat keuletannya, usaha Bowo berkembang pesat. Baca juga: Cerita Perempuan di Balik Suvenir Asean Games 2018 Sampai saat ini, ia memiliki 15 karyawan untuk membantu membuat suvenir dan tukang jahit.

Bowo bercerita, dulu pesanan hanya datang dari per orang saja. Dia juga rajin memasarkan karyanya ke toko-toko perlengkapan militer di sekitar komplek Akmil Kota Magelang. “Pesanan semakin banyak, saya juga pasok ke toko-toko,instansi militer baik di Magelang maupun luar daerah dan hampir semua batalyon pesan pada kami,” ujarnya. Langganan para jenderal Puluhan hingga ratusan jenis suvenir atau cinderamata yang diproduksi Bowo, antara lain gantungan kunci, patung, plakat, atribut militer, medali hingga sapu tangan. Harga yang dibanderol bervariasi, mulai Rp 4.000 per buah sampai ratusan ribu rupiah.

Bagi Bowo, yang paling membanggakan adalah pesanan dari petinggi-petinggi TNI di Indonesia. “Jadi kebanggaan saya karena setiap serah terima jabatan di Akmil atau batalyon mana pun pakai hasil karya saya. Biasanya mereka pakai plakat untuk kenang-kenangan, lalu miniatur pedang, medali dan lainnya,” kata Bowo.

Source https://regional.kompas.com https://regional.kompas.com/read/2018/03/31/12442031/bowo-bangga-suvenir-militer-karyanya-jadi-langganan-para-jenderal
Comments
Loading...