Kerajinan Souvenir Papan Surving Di Kuta

0 137

Kerajinan Souvenir Papan Surving Di Kuta

Art Shop bernama ‘Putra Nasution Shop’ di Jalan Sriwijaya, Legian Kelod, Kecamatan Kuta, Badung, Bali berjejer ribuan souvenir papan surfing.

Art Shop tersebut memang menjual khusus souvenir papan surfing, mulai yang motif ukiran dan airbrush dengan aneka gambar pemandangan, wajah-wajah tokoh musisi tenar di luar negeri, sampai aneka kata-kata.

Sementara di samping Art Shop tersebut, ada dua karyawan yang sedang sibuk mengukir gambar pemandangan di papan surfing dengan menggunakan palu kayu dan alat ukir. Salah satu karyawan Bambang, yang memang sudah lama menjadi pengrajin ukir di papan surfing tersebut.

Pria asal Jember, Jawa Timur ini mengatakan bahwa dirinya belajar mengukir papan Surfing tersebut secara otodidak dan lama-kelamaan pun bisa mengukir di papan surfing tersebut.

Bambang juga menceritakan, bahwa dirinya bekerja menjadi tukang ukir, jika ada orderan dari bos-nya yang merupakan pemilik Art Shop, dengan sistem borongan, dan dihargai per buah di papan surfing ukirannya seharga Rp 7 ribu.

Menurut Bambang, mengukir di papan surfing paling cepat hanya membutuhkan waktu 15 menit. Tetapi tergantung juga motifnya, jika orderan motif tribal itu agak sulit.

“Kalau pemandangan atau buat kata-kata itu gampang, karena sudah biasa. Kalau motif tribal itu paling sulit. Dalam satu hari saya bisa menyelesaikan 20 sampai 25 biji ukiran papan surfing. Tapi tergantung ukurannya juga, kalau yang ukuran yang paling kecil 30 cm itu cepat, tapi kalau papan surfing yang ukuran 1 meter itu, bisa setengah jam,” jelasnya.

“Untuk bahan papan surfing ini, dari kayu Suar yang didapat dari Jawa. Kemudian, untuk prosesnya kayu Suar dipotong sesuai ukuran dan selanjutnya diamplas sampai halus. Selanjutnya, dicat menggunakan cat mobil dan terakhir diukir sesuai orderan,” ujar Bambang.

Source https://www.merdeka.com https://www.merdeka.com/peristiwa/souvenir-papan-surfing-bali-yang-diminati-pasar-australia-hingga-eropa.html
Comments
Loading...