Kerajinan Souvenir Pelepah Pisang Di Bogor

0 59

Kerajinan Souvenir Pelepah Pisang Di Bogor

Sebagain besar masyarakat menganggap daun pelepah pisang kering adalah sampah yang tidak berguna. Bahkan terkadang daun pelepah pisang kering hanya dibakar begitu saja karena dianggap sampah yang mengotori kebun. Namun kini daun pelepah pisang kering dapat dijadikan sebagai kerajinan tangan yang indah dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Tangan-tangan kreatiflah yang menjadikan limbah daun kering menjadi kerajinan tangan yang mendatangkan rezeki dan dapat dijadikan sebagai peluang usaha.

Kerajinan tangan dari daun pelepah pisang kering merupakan kerajinan tangan yang gampang-gampang susah, yang penting adalah niatnya untuk belajar. Kerajinan tangan dari daun sebaiknya menggunakan daun yang berjatuhan di tanah, mulai dari daun yang berwarna kuning hingga daun yang berwarna cokelat dan benar-benar kering.

Dari komunitas pengrajin pelepah pisang yang berada di Parung Bogor, penulis mencoba membuat kerajinan yang menghasilkan produk yang berkualitas baik, dan beberapa tahap dilalui diantaranya tentu juga harus menggunakan bahan baku pelepah pisang yang baik pula, untuk itu harus bisa memilih jenis pelepah pisang yang mempunyai kualitas baik, salah satu contoh pelepah pisang yang baik yang sudah kering di pohon, dimana kondisi pelepah benar-benar kering sehingga tidak perlu lagi mengalami proses penjemuran.

Dari pelepah pisang yang diolah menjadi kerajinan tangan dapat menghasilkan produk-produk yang berkualitas seperti, lukisan, tas cantik, tempat tissue, sandal dan lainnya, Untuk membuat pelepah pisang kering menjadi tas cantik, untuk membuat tas ini harus dipersiapkan pelepah pisang, benang kasur, cat pernis, pisau, warna finishing

Langkah awal untuk membuatnya dengan cara pohon pisang dibuat menjadi bilah-bilah kemudia keringkan selama 10 hari agar kandungan air pada pohon pisang hilang. Kemudia buatlah rajutan dengan menggunakan bahan bilah pohon pisang yang sudah dikkeringkan. Agar tas kuat kamu bisa mengelem serat pelepah pisang kemudian diikat dengan benang kasur. Langkah terakhir adalah mempercantik tampilan tas dengan memberikan warna sesuai dengan selera.

Untuk membuat kerajinan dari tempat tisu bisa mempersiapkan bahan serta peralatan yang diperlukan seperti kardus tisu bekas, lem kayu, biji-bijian, dedaunan, dan bahan uatamanya pelepah pisang yang sudah di setrika, Cara membuat kerajinan ini dengan cara menyayat tipis pelepah pisang lalu keringkan setelah itu bisa menempelkan pelepah pisang pada kardus bekas tisu.

Itulah kerajinan dari khasanah pelepah daun pisang yang dibuat baragam aneka produk rumahan serta menghasilkan hasil kreasi yang unik dan juga indah.

Source http://kabar-rantau.melsa.net.id http://kabar-rantau.melsa.net.id/read/217/Membuat-Kerajinan-dari-Pelepah-Pisang
Comments
Loading...