Kerajinan Souvenir Wayang Di Wonogiri

0 307

Kerajinan Souvenir Wayang Di Wonogiri

Kepiawaiannya membuat kerajinan wayang kulit mendatangkan berkah bagi Retno Lawiyani, warga Desa Kepuhsari, Kecamatan Manyaran, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Ibu satu anak ini tak menyangka didapuk menjadi pembuat undangan Asean Games 2018 dan suvenir dengan bahan kulit kerbau dan motif kulit.

“Awalnya saya enggak mengira. Sampai banyak media mencari saya. Dalam hati saya seneng karena dampaknya positif untuk wisata kampung wayang di desa kami secara keseluruhan,” kata Retno.

Retno mengungkapkan, sebelum menjadi pembuat undangan dan suvenir Asean Games 2018, dirinya pernah dicari banyak media saat merintis kampung wayang. Kondisi itu terulang kembali setelah dia menyelesaikan 65 paket suvenir dan undangan Asean Games.

Menurut Retno, dua tahun lalu, dia didatangi orang dari pihak ketiga yang mencari suvenir yang bisa bikin dari bahan kulit dan tanduk kerbau. Setelah bertemu, dia diminta membuat contoh karya berupa gunungan dan suvenir berupa badak, rusak dan burung.

Setelah contoh suvenir itu jadi, lanjut Retno, rekanan itu lalu membawanya ke Jakarta. Dia menduga, contoh karyanya itu dipresentasikan untuk berkompetisi dengan pengrajin lainnya. Namun setelah itu, lanjut Retno, dia tidak mendapatkan kabar lagi terkait keberlanjutan kerjasamanya. Setahun kemudian, tepatnya pertengahan 2017, Retno dihubungi lagi dan diminta mengirim sampel serupa.

“Setelah contoh karya saya kirim ada beberapa revisi yang disesuaikan dan akhir November 2017, pesanan itu sudah saya kirim ke Jakarta,” kata Retno.

Retno mengungkapkan, satu set suvenir Asean Games berisi empat jenis. Empat jenis itu berupa gunungan, badak, rusa dan burung. Retno mengatakan, wayang mini yang dibuatnya terbuat dari kulit kerbau asli dengan cempurit atau gapit dari tanduk kerbau.

Satu set suvenir terdiri atas empat wayang mini yang meliputi satu gunungan dan tiga maskot Asean Games yakni Bhin-bhin (burung cendrawasih), Atung (rusa), dan Ika (badak bercula satu).

Masing-masing wayang memiliki dimensi berbeda. Gunungan berukuran lebar 180 mm, tinggi (tidak termasuk gapit) 297 mm, panjang gapit 80 mm dengan lebar bundaran gapit 10 mm. Wayang Bhin-bhin berukuran lebar 96 mm, tinggi (tidak termasuk gapit) 90 mm, panjang gapit 51 mm dan lebar gapit 4 mm.

Wayang Atung berukuran lebar 86 mm, tinggi (tidak termasuk gapit) 125 mm, panjang gapit 51 mm dengan lebar gapit 4 mm. Wayang Ika lebarnya 150 mm, tinggi (tidak termasuk gapit) 180 mm, panjang gapit 56 mm, dan lebar gapit 4 mm.

Source http://regional.kompas.com http://regional.kompas.com/read/2018/02/09/17155311/cerita-perempuan-di-balik-suvenir-asean-games-2018.
Comments
Loading...