Kerajinan Souvenir Wayang Kulit Di Yogyakarta

0 194

Kerajinan Souvenir Wayang Kulit Di Yogyakarta

Usaha kriya kulit Parni Margono di Pucung, Karangasem, Rt.01 Wukirsari, Imogiri Bantul mulai berdiri pada 1998 dengan memproduksi aneka produk berbahan kulit. Lingkungan sekitar yang banyak berusaha dan orang tua juga berusaha di bidang kulit, menjadikan parni memilih kulit sebagai usahanya. Ketrampilan untuk mengolah kulit ini pun diperoleh dari orang tuanya.

Parni Margono memproduksi aneka produk kulit yaitu souvenir bercirikan wayang dan wayang pedalangan. Untuk souvenir produknya antara lain, kipas, gantungan kunci, pembatas buku, kap lampu, kap lilin, hiasan dinding, wayang souvenir. Selain itu, Parni Margono juga memproduksi Wayang untuk pedalangan. Kondisi saat ini, Parni Margono lebih banyak memproduksi souvenir dibandingkan kerajinan Wayang untuk standar pedalangan. Produk kerajinan ini modelnya selain desain yang ada, desainnya tetap menyesuaikan keinginan konsumen. Pemesanan souvenir minimal 100 pieces sedangkan wayang satu buah pun tetap dilayani.

Parni margono menggunakan beberapa jenis kulit yang berbeda tergantung produk yang dibuat. Untuk wayang, menggunakan kulit kerbau sedangkan untuk souvenir menggunakan kulit domba dari pabrik. Parni memilih menggunakan kulit dengan harga terjangkau untuk menekan biaya produksi namun pengolahannya diperhatikan sehingga produk yang dihasilkan tetap berkualitas. Kebutuhan bahan baku saat ini 100 hingga 1000 lembar kulit. harga perlembar kulit ini mulai Rp. 9000 hingga 40.000 tergantung ukuran kulit. Parni dalam memproduksi souvenir ini dibantu tiga tenaga kerja tetap, 15 tenaga borongan dan 10 perajin yang menjadi suppliernya.

Souvenir yang banyak diminati yaitu sepasang wayang super mini berukuran 16 cm yang dijual Rp. 55.000. parni margono mematok harga untuk souvenir mulai Rp. 1.250 hingga Rp. 75.000 dan untuk wayang mulai Rp. 20.000 hingga Rp. 1,7 juta. Aneka produk kulit ini dipasarkan ke Jakarta, surabaya, Solo dan Sekitar Jogja. Selain pasar lokal, usaha ini menerima pesanan wayang pedalangan untuk dikirim ke Australia setahun sekali. Dalam satu bulan, usaha ini mampu meraih omset sekitar Rp. 10 juta.

Selain memproduksi aneka kerajinan kulit, Parni Margono menerima jasa cetak hot print untuk kerajinan kulit. Harga cetak kulit ini Rp. 125 perlembar dengan pesanan minimal 100 buah. Pemesan bisa menggunakan desain sendiri atau memesan desain sesuai keinginnanya. Untuk desain, pemesan membayar jasa desain mulai Rp. 70 ribu hingga Rp. 200 ribu tergantung ukuran dan kerumitan desain.

Source https://jogjaexpo.wordpress.com https://jogjaexpo.wordpress.com/2012/10/01/parni-margono-kerajinan-kulit-wayang-dan-souvenir/
Comments
Loading...