Kerajinan Speaker Kayu Karya Mahasiswa ITB di Bandung

0 239

Kerajinan Speaker Kayu Karya Mahasiswa ITB di Bandung

Awalnya adalah tugas kampus. Namun speaker unik karya sembilan mahasiswa SBM Institut Teknologi Bandung (ITB) itu dijual, dan berharap bisa menjadi bisnis mereka. Speaker khusus untuk iPhone bernama Cueva memiliki bentuk yang unik serta berbahan dasar dari kayu. Bahannya kayu asli Indonesia yaitu Sonokeling atau Indonesian Rosewood yang dibentuk seperti perahu yang tidur mendampingi.

Di sisi kiri dan kanannya terdapat dua lubang berbentuk bulat yang merupakan bagian speaker. Sementara di bagian tengah terdapat tempat untuk menyimpan iPhone. Cueva ini dibuat secara handmade oleh pengrajin di Bandung. Dalam sebulan hanya bisa diproduksi maksimal 21 Cueva. Pengerjaan 1 buah Cueva butuh waktu 21 jam.

Proses pembuatan Cueva sejak digagas hingga akhirnya kini siap dipasarkan memakan waktu sekitar 4 bulan, yaitu mulai September 2013 hingga Januari 2014. Meski tugas kampus, namun mereka mengaku modal awal Cueva mereka dapatkan sendiri karena tugas tersebut memang untuk kemandirian mahasiswa.


Karena itu, kini mereka ingin menjadikan karya yang telah dibuat sebagai bisnis. Apalagi produk serupa menurut Wulan belum ada di pasaran dalam negeri. Cueva mereka banderol Rp 780 ribu per unitnya.

“Setiap pembelian satu Cueva kami sisipkan sebagian untuk pembelian 1 pohon,” kata Wulan Wulan Nurhidayah.

Selain itu Wulan juga menjelaskan sedikit soal proses pembuatan speraker Cueva yang tiap unitnya membutuhkan bahan kayu sebesar 20 x 10 x 10 cm saja.

Melengkapi Cueva, Earth.co juga mengandung developer untuk membuat aplikasi Cueva Music Player yang bisa memutar lagu secara streaming sesuai dengan mood yang sedang dirasakan. Aplikasi ini punya tagline Enjoy the Moment. Penjualan Cueva kini masih dilakukan secara offline dan masih fokus didistribusikan di Bandung dan Jakarta. Namun rencananya mereka juga akan menjual produknya ke luar negeri dan berharap bisa bekerjasama dengan Apple nantinya. “Untuk sekarang sih kita lihat respon pasar dulu,” tutup Wulan.

Source https://inet.detik.com https://inet.detik.com/consumer/d-2478028/speaker-kayu-iphone-dibanderol-rp-780-ribu?_ga=2.69926354.31111911.1524099710-2015879252.1524099710
Comments
Loading...