Kerajinan Stik Drum Di Banyumas

0 189

Kerajinan Stik Drum Di Banyumas

Desa Kalibagor, Banyumas tak hanya terkenal dengan produksi payung, namun juga banyak perajin stik drum di sana. Namun produksi stik drum menurun drastis seiring dengan makin berkurangnya bahan baku yang terbuat dari kayu melinjo.

Perajin stik drum Desa Kalibagor, Sujai mengatakan, pohon melinjo merupakan tanaman tahunan. Apabila ditebang terus menerus, akan mengurangi jumlahnya. “Tidak semua orang menebang pohon melinjo. Hanya ketika butuh uang mendesak. Selain itu, jumlah kayu melinjo memang sudah semakin berkurang dari tahun ke tahun,” ujarnya.

Selain itu, ada beberapa daerah lain yang memanfaatkan kayu melinjo untuk membuat reng rumah. Kayu tersebut menjadi banyak dipesan. “Ada daerah lain yang sengaja membuat reng pakai kayu melinjo, ada juga yang menganggap kayu melinjo hanya untuk kayu bakar,” paparnya. Dia menjelaskan, dulu dia bisa mendapat delapan kubik kayu untuk memproduksi ribuan stik drum per minggu. Namun kini dia hanya bisa mendapat satu kubik kayu perminggu. “Cari kayu sepertinya rebutan, karena banyak yang membutuhkan,” ungkapnya.

Menurut dia, apabila kayu melinjo semakin langka, cara satu-satunya yaitu menggantinya dengan kayu mahoni. Sebenarnya masih ada kayu yang berkualitas lebih bagus dari kayu melinjo, yaitu kayu kopi. Namun, tekstur kayu yang keras membuat perajin tak sanggup mengejar target. “Kayu kopi bagus, tapi keras, membuatnya lama. Kalau kayu melinjo makin langka seperti ini, paling makin lama diganti dengan kayu mahoni,” imbuhnya.

Source http://radarbanyumas.co.id http://radarbanyumas.co.id/perajin-stik-drum-kesulitan-bahan-baku/
Comments
Loading...