Kerajinan Stik Drum Di Kalibagor

0 195

Kerajinan Stik Drum Di Banyumas

Stik drum merupakan kerajinan yang banyak dicari konsumen. Karenanya, perajin stik drum  kini menjamur di berbagai wilayah, salah stunya di Desa kalibagor. Namun persaingan yang semakin ketat, memicu adanya permainan harga di antara para perajin. Perajin stik drum Desa Kalibagor, Sujai mengatakan, dahulu, perajin stik drum hanya ada di Desa Kalibagor. Namun saat ini sudah banyak daerah lain yang memproduksi stik drum. “Dulu adanya di kalibagor dan memasok hingga ajibarang,” katanya. Namun kini di daerah Ajibarang, Purbalingga, dan beberapa wilayah lain sudah terdapat home industry stik drum. Meski begitu, kini pemasaran stik drum produsinya sudah mencapai beberapa wilayah di Jawa Tengah seperti Purbalinnga, Purwokerto, dan Bumiayu dan wilayah lain.

Dalam sehari dia bisa memproduksi tujuh hingga sepuluh kodi stik drum. “Satu hari antara tujuh atau sepuluh kodi,” jelasnya. Menurut dia, saat ini banyak  pengusaha yang melakukan permaianan harga untuk memperoleh pasar yang lebih banyak. Kondisi tersebut membuat sejumlah perajin lain kehilangan pasar mereka.

“Mulanya mereka bercerita menjual stik drumnya dengan harga tinggi, namun ternyata dalam kenyataannya mereka menjual stik drumnya dengan harga yang jauh lebih murah dari kami,” ungkapnya. Sujai mengatakan, keadaan itu bukan merupakan hal baru dalam dunia industri rumahan stik drum. Karena adanya tindakan tersebut, produksi stick drum miliknya sering menurun. “Saya berharap, apabila ada persaingan sebaiknya tidak melakukan hal-hal tersebut,” jelanya. Dia berharap, para perajin stik dram melakukan kerjasama untuk menstabilkan harga stik drum. Agar mereka dapat sejahtera bersama. “Saya inginnya ada koperasi yang mewadahi perajin stik drum, bekerja sama lebih baik, daripada berusaha sendiri,” imbuhnya.

Source http://radarbanyumas.co.id http://radarbanyumas.co.id/perajin-stik-drum-keluhkan-permainan-harga/
Comments
Loading...