Kerajinan Stik Es Krim Karya Napi Di Rutan Pelaihari

0 260

Kerajinan Stik Es Krim Karya Napi Di Rutan Pelaihari

Kerajinan tangan berbahan stik es krim dipraktikkan warga binaan di Rumah Tahanan Negara (Rutan) Pelaihari. Modalnya stik es krim, lem, ampelas pelicin kayu dan silet untuk memotong stik es krim seusai pola dan rancangan..

Sekitar 10 warga binaan pria terlatih yanv membuat kerajinan stik es krim tersebut. Ilmu itu otodidak yang mereka dapatkan dengan cara berbagi keterampilan.

Sudah ada beberapa kapal layar dan rumah adat Banjar berbahan stik es krim yang siap dipasarkan atau di promosikan dalam kegiatan pameran.

Semua itu dikerjakan oleh 10 orang warga binaan setiap hari hingga menjelang petang. Masing-masing punya tugas, seperti memotong, mengelem dan menyusun stik es krim berbentuk kapal dan rumah adat Banjar.

Sesekali stik es krim itu dibuat licin menggunakan ampelas agar, bekas dipotong dan dilem itu tak terlihat dipermukaan stik es krim.

Hasil susunan stik es krim itu menjadi karya bernilai. Ternyata mereka sedang membuat miniatur kapal layar dan rumah adat Banjar. Ya, kerajinan stik es krim yang sedang mereka kerjakan di Aula Rutan Pelaihari.

Uniknya, kapal layar berbahan dasar stik es krim itu diberi lampu kecil warna-warni dari dua baterai yang dipasang dibawah kapal.

“Ini juga dapat dipasang tenaga listrik dari bahan baterai seperti handphone. Dices seperti handphone,” kata seorang warga binaan.

Source http://banjarmasin.tribunnews.com http://banjarmasin.tribunnews.com/2018/11/13/newsvideo-kerajinan-dari-stik-es-krim-hasil-karya-warga-binaan-rutan-pelaihari-ikut-pameran
Comments
Loading...