Kerajinan String Gorden Di Badung

0 250

Kerajinan String Gorden Di Badung

Kerajinan hiasan string (Gantungan) gorden kaca dan hiasan gantungan lampion dari bahan kerang, saat ini banyak diminati oleh negara-negara luar.

Hal tersebut disampaikan oleh H. Muhammad Mu’in saat ditemui di rumah produksinya di Jalan Taman Sari, Gang Lotus, Nomor 23, Desa Kelan, Kecamatan Tuban, Kabupaten Badung, Bali, Sabtu(11/8/2018).

Mu’in yang berasal dari Desa Brakas, Kecamatan Ra’as, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur ini, telah menekuni kerajinan tersebut sejak tahun 2001. Menurutnya, untuk kerajinan hiasan string gorden kaca dan lampion kerang saat ini lagi ramai diminati negara Portugal, Jepang, dan Argentina.

“Saya langsung kirim ke Portugal, Jepang dan Argentina. Untuk bulan ini sekitar 6 ribu yang sudah dikirim,” imbuhnya.

Untuk kerajinan hiasan string gorden kaca, Mu’in menjelaskan bahwa untuk harganya mulai dari Rp 8 ribu sampai Rp 12 ribu. Hal tersebut, tergantung ukuran panjang atau pendeknya string gorden.

Untuk proses pembuatan string gorden kaca, Mu’in memaparkan, bahwa awalnya dirinya mencari bahan kaca lalu memotong kaca sesuai bentuk. Mulai dari bentuk segi empat memanjang atau pendek, juga ada bentuk segi tiga dan tentunya sesuai pesanan pelanggan.

Setelah proses pemotongan kaca, kemudian dirangkai dalam tali senar yang cukup kuat. Selanjutnya agar terlihat lebih cantik nan elok, Mu’in menambahkannya dengan kerang laut yang dinamai oleh dirinya kerang Kapes yang beraneka warna, serta hiasan manik-manik.

Source https://www.timesindonesia.co.id https://www.timesindonesia.co.id/read/179865/20180811/102254/kerajinan-string-gorden-kaca-dan-kerang-tembus-pasar-portugal-dan-argentina/
Comments
Loading...