Kerajinan Sulam Bordir Di Tasikmalaya

0 488

Kerajinan Sulam Bordir Di Tasikmalaya

Kerajinan Bordir atau sulaman adalah hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan jarum, jahit dan benang. Selain benang, hiasan untuk sulaman atau bordir dapat menggunakan bahan-bahan seperti potongan logam, mutiara, manik-manik, bulu burung, dan payet.

Kota Tasikmalaya, Jawa Barat dikenal sebagai sentra Kerajinan kain bordir yang merupakan usaha turun-temurun dari masyarakat Tasikmalaya, yang sudah ada sejak Jaman Belanda. Salah satu sentra pengusaha kain bordir di Kota Tasikmalaya adalah Desa Telagasari, Kecamatan Kawalu, Kota tasikmalaya, Jawa Barat, perajinnya yaitu Khasanah. Di desa ini terdapat banyak pengusaha kain bordir berskala besar, seperti: Turatex, Purnama, Ciwulan, Haryati, Bunga Tanjung, dan lain-lain. Seperti desa-desa lainnya, usaha kerajinan kain bordir sudah berlangsung turun-temurun sejak jaman Belanda.

Di antara jenis tusukan yang umum dikenal dalam menyulam adalah tusuk rantai, tusuk jelujur, tusuk kelim, dan tusuk silang. Selain dijahit dengan tangan, sulaman dibuat dengan mesin jahit dan Mesin Bordir komputer.

Kain dan benang yang dipakai untuk seni bordir berbeda-beda menurut tempat dan negara. Sejak ribuan tahun yang lalu, kain atau bedang dari wol, linen, dan sutra sudah dipakai untuk membuat sulaman. Selain benang dari wol, linen, dan sutra, sulaman modern menggunakan benang sulam dari katun atau rayon.

Sulam pita adalah sulaman yang menggunakan pita berbagai ukuran dan bahan untuk membuat motif-motif bunga. Pita memberi efek tiga dimensi karena ukuran pita lebih besar dari benang. Hasil sulaman pita juga lebih dekoratif karena bahan pita yang lebih beragam.

Source Kerajinan Sulam Bordir Di Tasikmalaya kabar-rantau
Comments
Loading...