Sentra Kerajinan Perak Di Kotagede, Jogjakarta

0 210

Kerajinan Perak

Di sekitar Jalan Kemasan serta Jalan Mondorakan, dapat temukan deretan toko yang jual bermacam kerajinan perak di kanan serta kiri jalan. Jumlah toko kerajinan perak ditempat ini kian lebih 100 toko.

Yaitu Ansor Silver yang disebut satu diantara toko yang telah berdiri dari awal kemunculan sentra ini. Wisnu Wardhana, Manager Ansor Silver, menuturkan latar belakang sentra kerajinan perak Kotagede. Alkisah, beberapa bangsawan keraton berikan pelatihan kepada abdi dalem keraton langkah dan cara bikin peralatan rumah tangga dari perak.

Toko Ansor Silver sendiri didirikan oleh Ansor Karto dari 1956. Saat ini cucunya, Udjang Simbara sebagai penerus usaha Ansor Silver. Toko ini jual bermacam kerajinan perak, dimulai dari aksesories, peralatan rumah tangga, miniatur, sampai pajangan dinding. ” Tak hanya perak asli, kami juga jual kerajinan dari susunan perak dengan harga lebih murah, ” katanya. Kerajinan lapis perak di bandrol mulai Rp 50. 000 sampai jutaan rupiah. Dan kerajinan perak asli mulai Rp 150. 000 – Rp 30 juta. Dalam satu hari, Ansor Silver dapat mencatatkan penjualan pada Rp 15 juta-Rp 30 juta.

Source Sentra Kerajinan Perak Di Kotagede, Jogjakarta Sentra Kerajinan Perak Di Kotagede, Jogjakarta
Comments
Loading...