Kerajinan Sulam Kombinasi Lukisan Di Surabaya

0 102

Kerajinan Sulam Kombinasi Lukisan Di Surabaya

Berkarya dan terus berinovasi merupakan pedoman yang selalu ia tekankan. Mendirikan UKM dengan ciri khas sulaman handmade ialah usaha kreatif yang ia jalankan.

“Saya mencoba berinovasi dengan cara di luar mainstream, yakni mengombinasikan sulaman dan lukisan,” katanya.

Dia adalah Wahyu Rini Marhaeni, owner sekaligus desainer Rien’s Collection. Ketika ditemui di kawasan Pondok Benowo Indah, Rini bercerita bahwa usaha yang ia tekuni ini merupakan suatu keberuntungan yang tak terduga.

“Sekitar 2008 saya mencoba membuat aksesoris dari sulam tapi saya hanya memasarkan di kalangan RW saja. Namun responnya cukup positif dan warga banyak yang suka. Akhirnya saya bertekad untuk serius menggeluti bisnis ini dan mengikuti progam Pahlawan Ekonomi,” kisahnya.

Produk-produk yang ia kelola cukup bervariatif. Mulai dari taplak meja, sapu tangan, tas wanita, kalun, gelang, bahkan busana muslim wanita dengan corak kreatif dan inovatif.

“Sejak ikut pahlawan ekonomi saya jadi banyak tahu dan sangat membantu. Karena di sana saya diajarkan banyak hal soal motif, desain maupun pemasaran,” ujar perempuan 52 tahun ini.

Kini produk Rini sudah tersebar di seluruh sentra UKM se-Surabaya. Bahkan berkat kerja kerasnya, produk miliknya berhasil mencapai pasar internasional. Hingga Belanda dan Malaysia.

“Alhamdulilah setelah sekian lama saya berjuang mencari ide jatidiri produk. Akhirnya usaha saya ini membuahkan hasil yang tak mengecewakan. Dan omset pendapatan saya per bulan bisa mencapai 30 juta rupiah,” ucap perempuan berkerudung ini.

Walau usahanya terbilang cukup sukses. Dalam hal ilmu, Rini tak pelit untuk sekedar berbagi ide terhadap sesama pengusaha maupun orang awam yang ingin belajar sulam kepadanya. “Ini merupakan bentuk imbalan saya terhadap PE yang selalu mengajarkan saya soal banyak hal. Jadi saya juga ingin berbagi ilmu kepada mereka yang ingin belajar nyulam.”

Source https://www.sureplus.id https://www.sureplus.id/2018/05/07/unik-kerajinan-sulam-kombinasi-lukisan-ala-rini-kian-diminati/
Comments
Loading...