Kerajinan Sulam Kristik Di Jakarta

0 511

Kerajinan Sulam Kristik Di Jakarta

Menjalani hobi bagi sebagaian orang merupakan hal yang menyenangkan. Apalagi hobi tersebut dapat dijadikan lahan usaha. Contohnya adalah kerajinan sulam atau kristik. Banyak orang yang berawal dari hobi, kini sukses mengantongi cuan dari kerajinan ini. Kristik atau dalam bahasa Belanda kruissteek adalah seni menyulam dengan teknik tusuk silang.

Caranya dengan memakai jahitan benang bersilangan membentuk huruf X di atas kain tenunan sejajar. Seni menyulam ini bisa dikreasikan untuk membentuk berbagai macam pola motif mulai dari bunga, bangunan, sosok manusia, hewan dan lain sebagainya. Salah satu perajin kristik yang mengawali usaha dari hobi adalah Rina Regina asal Jakarta. Rina menekuni kerajinan kristik sejak tahun 2010. Ia mematok kerajinan kristik seharga Rp 250.000 per pieces. Harga tersebut belum termasuk biaya untuk membingkai kristik.

Produk kristik yang dihasilkannya cukup beragam, seperti hiasan dinding, taplak meja dan lain-lain.Menurut Rina, waktu yag dibutuhkan dalam proses pembuatan kristik cukup lama. Karena harus disulam manual, kerajinan ini membutuhkan ketelitian.  “Kerajinan kristik itu cukup lama, kalau media kainnya besar itu bisa memakan waktu 2-3 bulan,” jelas Rina.

Terkait pola atau gambar yang akan disulam, Rina banyak mencari ide lewat internet. Bila menemukan pola yang diperkirakan laris di pasaran dia akan memproduksinya. Untuk pembuatan polanya sendiri ia akan order ke pabrik kain. “Sebab pola di kita kan itu kain jenis Aida, jadi ibu-ibu yang sulam tidak perlu menghitung-hitung lagi,” jelas Rina. Menjelang Idul Fitri, Rina mengaku usahanya semakin ramai diminati pembeli. Kebanyakan mereka membeli pajangan buat mempercantik interior rumah saat merayakan Idul Fitri. “Biasanya dua hingga tiga bulan sebelum Lebaran permintaan selalu naik,” kata Rina.

Source http://peluangusaha.kontan.co.id http://peluangusaha.kontan.co.id/news/menyulam-kristik-selalu-asyik
Comments
Loading...