Kerajinan Sulam Pita Karya Kelompok Wanita Tani Di Kediri

0 109

Kerajinan Sulam Pita Karya Kelompok Wanita Tani Di Kediri

Untuk memberdayakan masyarakat di daerah pedesaan, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri mengadakan Pelatihan Sulam Pita.

Agenda yang baru pertama kali digelar ini, dilaksanakan di salah satu rumah warga, dengan mengundang puluhan ibu rumah tangga yang merupakan anggota Kelompok Wanita Tani/ KWT Candra Kirana di Desa Paron, Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri. Divisi Humas KIM Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, Yayuk mengaku, upaya pelatihan ini bertujuan untuk memberdayakan warga di pedesaan. Khususnya membidik kaum hawa di desa tersebut.

Melalui kegiatan tersebut, diharapkan mampu menambah kompetensi ibu rumah tangga di Desa Paron. Apalagi mereka selama ini pada umumnya memiliki mata pencaharian bertani.

“Kami ingin, para ibu anggota KWT Candra Kirana ini memiliki keterampilan lebih. Salah satunya, membuat aneka model sulam pita baik berupa tas, hiasan bantal kursi, dan mempercantik tampilan mukena,” kata Yayuk, Divisi Humas KIM Kecamatan Ngasem, Kabupaten Kediri, saat menghadiri Pelatihan Sulam Pita, di Desa Paron, Kediri.

Perempuan yang juga menjadi Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) di kawasan ini optimistis, dengan acara ini pula maka setiap ibu rumah tangga dapat meringankan beban ekonomi keluarganya. Lantaran, melalui hasil kerajinan sulam pita inilah mereka dapat menjual kreasinya ke pasar UMKM Kediri.

Dicontohkan dia, misalnya dengan melakukan promosi produk secara online di media sosial maupun offline. Ke depan, para ibu rumah tangga ini juga bisa mengajarkan keahliannya tersebut kepada tetangga maupun generasi muda di sekitar rumahnya. “Mereka juga bisa menularkan kemampuan baru ini kepada anaknya,” katanya.

Dengan cara inilah, maka jumlah pengusaha baru, terutama dari kalangan perempuan di Kabupaten Kediri bakal semakin meningkat pada masa mendatang. Bahkan sekaligus mampu membantu pemerintah dalam menggerakkan ekonomi lokal

Source https://www.sureplus.id https://www.sureplus.id/2018/05/09/berdayakan-kompetensi-kaum-hawa-dengan-sulam-pita/
Comments
Loading...