Kerajinan Sulaman Di Kabupaten Agam

0 221

Kerajinan Sulaman Di Kabupaten Agam

Pemerintah memfasilitasi produk unggulan sulaman dari Sumatera Barat untuk dimasukkan dalam program khusus dengan pendekatan one village one product (OVOP) menyusul acara temu solusi pengembangan produk unggulan belum lama di Padang.

Dalam upaya optimalisasi produk unggulan, telah ditetapkan koperasi yang menjadi koordinator pelaksana program. Yaitu Koperasi Aneka Sulaman dari Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Dikemukakan, melalui surat itu pengembangan produk unggulan dipastikan lebih fokus sehingga seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) akan bersinergi untuk mengembangkan produk unggulan daerah yang telah ditetapkan. Yakni kerajinan sulaman. Kerajinan sulaman dari daerah itu telah diakui dunia dengan mendapat penghargaan dari dari PBB, tepatnya Unesco Award of Excelennce for Handricraft pada 2012. Sumatera Barat adalah sentra seni sulaman di Indonesia.

”Karena Sumatera Barat sejak dulu dikenal dengan seni sulamnya, sehingga budaya itu harus dilestarikan, dikembangkan serta diberi nilai tambah agar bisa berdaya saing melalui sinergitas dengan swasta,” tutur Meliadi salah seorang perajin.

Satu tantangan yang harus dihadapi untuk menyukseskan program OVOP dengan produk sulam,semakin minimnya minat generasi muda mempelajari seni menyulam. Pemerintah mengharapkan agar pendidikan kerajinan sulam dijadikan sebagai pelajaran lokal.

Untuk itu peranan koperasi yang memiliki anggota dari masyarakat, diharapkan lebih berperan aktif. Koperasi bahkan bisa lebih berkonsentrasi pada perananya sebagai penyedia bahan baku. Satu hal yang lebih penting lagi, kelembagaan koperasi juga perlu ditingkatkan.

Source http://entrepreneur.bisnis.com http://entrepreneur.bisnis.com/read/20140701/88/240140/kerajinan-sulaman-sumbar-masuk-program-ovop
Comments
Loading...