Kerajinan Suvenir Dari Limbah Kokon Sutra Di Bali

0 167

Kerajinan Suvenir Dari Limbah Kokon Sutra Di Bali

Kokon adalah kepompong yang dihasilkan ulat sutra. Namun tidak semua kokon bisa diproses menjadi benang sutra karena kualitasnya yang buruk. Biasanya, kokon jenis ini akan dibuang. Potensi limbah kokon inilah dilirik Putu Suwanwedi dengan memproduksi berbagai kerajinan dan suvenir, di Kabupaten Badung, Bali.

Melihat banyaknya kokon yang terbuang percuma dan menjadi sampah, Putu Suanwedi tergerak membuat kerajinan berbahan baku kokon. “Awalnya saya tidak paham dengan kerajinan dari kokon ini, namun setelah coba-coba akhirnya bisa juga,” kata Putu.

Tak disangka, banyak orang tertarik dan memesan suvenir kokon buatan Putu. Melihat potensi ini, Putu lalu mengembangkan berbagai kerajinan lain. Berbagai aksesori seperti kalung, cincin, tas serta kap lampu dibuat. Walaupun membuat berbagai kerajinan, Putu tetap fokus pada pembuatan suvenir bentuk bunga.

Untuk produk jepit rambut dari bahan baku kokon bentuk bunga, Putu menjual dengan harga Rp 5.000 per item. Sedangkan produk kap lampu hias yang juga dibuat dari kokon harganya Rp 600.000. Dari penjualan aksesori dan kerajinan kokon yang lain, Putu mengaku bisa mengantongi omzet sekitar Rp 20 juta per bulan.

Source Kerajinan Suvenir Dari Limbah Kokon Sutra Di Bali Menyulap limbah kokon sutra menjadi suvenir menarik
Comments
Loading...