Kerajinan Talenan Lukis Di Jakarta

0 202

Kerajinan Talenan Lukis Di Jakarta

Pada umumnya talenan hanya dijadikan sebagai peralatan dapur untuk memotong bahan masakan. Namun, untuk sekarang ini talenan justru dijadikan sebagai bahan kerajinan. Talenan yang awalnya hanya menjadi peralatan dapur ini disulap menjadi kerajinan yang sangat lucu dan menarik. Kerajinan talenan lukisini bisa dijadikan sebagai hiasan dinding rumah, tidak sedikit juga yang menggunakan talenan lukis ini sebagai hadiah ulang tahun hadiah wisuda dan souvenir pernikahan. Sekarang ini banyak sekali pengrajin yang memanfaatkan talenan lukis ini untuk ide usaha mereka. Karena memang talenan lukis ini ternyata banyak peminatnya. Murtini warga Jakarta adalah salah seorang pengrajin talenan lukis.

Tak sulit membuat kerajinan talenan lukis ini. Namun, dalam memilih bahan kayu untuk talenan harus benar-benar diperhatikan. Karena, ini yang akan membuat talenan tulis tersebut menjadi awet. Dalam memilih talenan, pilihlah talenan dengan bahan dasar kayu dengan serat rapat karena nantinya akan teraplikasi dengan baik saat dilukis. Jika talenan berserat rapat cat akan menempel kuat tetapi tidak rembes ke dalam serat kayu.

Untuk memilih kayu yang berkualitas baik tidaklah sulit, cukup sentuh permukaannya dan ukur beratnya, dan pilihlah kayu yang bersih dan halus agar saat di lukis hasilnya juga bagus. Biasanya para pengrajin talenan lukis ini memilih talenan dengan bahasa dasar kayu jenis MDF karena permukaannya lebih halus. Namun dengan kayu jenis MDF ini kesan kayu akan hilang jika mengaplikasikannya dengan teknik lukis.

Untuk pemilihan cat juga tidak boleh sembarangan. Disini biasanya yang digunakan adalah cat akrilik, karena disini pada saat melukis bisa menyesuaikan kadar air yang dibutuhkan. Dan kelebihan lain dari cat ini adalah sifatnya mudah larut, jadi tidak perlu kawatir untuk menimpa warna sebelumnya dengan warna lain. Dan cat akrilik ini lebih cepat kering. Sebelum melukis diatas talenan akan lebih baik jika membuat sketsa terlebih dahulu agar hasilnya bisa maksimal.

Untuk hal terakhir yang paling penting dalam proses pengerjaan talenan lukis adalah finishing. Agar lukisan dan kayu bisa tahan lama dan tidak luntur tahap terakhir yang dilakukan adalah dengan menyemprotkan cat clear atau varnish ke permukaan talenan. Cara ini juga bisa membuat warna lebih cerah.

Source https://idekreatifberpeluang.blogspot.com https://idekreatifberpeluang.blogspot.com/2018/01/talenan-lukis-kerajinan-masa-kini.html
Comments
Loading...