Kerajinan Tali Dan Kain Perca Karya Mahasiswa KKN Di Glumpang Sulu Barat

0 169

Kerajinan Tali Dan Kain Perca Karya Mahasiswa KKN Di Glumpang Sulu Barat

Kelompok 07 KKN PPM Tim I Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara desa Glumpang Sulu Barat, kecamatan Dewantara. Memanfaatkan tali kur dan kain perca untuk membuat berbagai kerajinan tangan seperti tas, keset kaki, bros, dan gantungan kunci.

“Salah satu program yang di rancang untuk menganyam dan memanfaatkan tali kur dan kain perca, jika di olah secara kreatif dan inovatif. Tali kur dan kain perca mempunyai nilai jual di pasaran,” kata Ade Ikhsan, ketua kelompok KKN kelompok 07.

Diharapkan nantinya program ini dapat dikembangkan melalui kegiatan PKK, setidaknya ibu-ibu dan remaja putrid dapat menghasilkan uang dari kerajinan tersebut, kata Ade.

Hasil penjualan kerajinan tangan itu dan harapan selanjutnya akan berkembang menjadi produksi kerajinan skala rumah tangga yang dapat membuka lapangan kerja di desa ini ” ujar Ade.

 

Ade Ikhsan menjelaskan, mayoritas warga desa ini menggantung hidup dari membuat batu bata dan memelihara ikan, di luar musim itu mereka minim kegiatan. Hasil olahan mahasiswa ini diharapkan bisa memotivasi remaja putri dan kaum ibu untuk lebih kreatif dan inovatif memanfaatkan tali kur dan kain perca yang bahannya murah dan gratis.

“Keterampilan baru remaja putri dan kaum ibu bisa memanfaatkan waktu luang saat tak membuat batu bata dengan memproduksi kerajinan tangan. Kegiatan ini dapat mengurangi pengangguran dan menambah pendapatan dari hasil kerajinan tangan jika ini bisa jalan kita harapkan pemerintah bisa membantu pemasarannya melalui dekranas atau lembaga terkait lainnya” pungkas Ade Ikhsan.

Source https://pelita8.com https://pelita8.com/kelompok-kkn-glumpang-sulu-barat-manfaatkan-tali-dan-kain-perca-untuk-kerajinan-tangan/
Comments
Loading...