Kerajinan Tali Kur Di Palembang

0 177

Kerajinan Tali Kur Di Palembang

Kerajinan merajut tak hanya digemari kaum perempuan, di Palembang Sumatera Selatan seorang pria paruh baya, Normansyah mahir membuat topi tanjak dengan memanfaatkan bahan tali kur. Berkat ketekunan, dirinya mampu menjual puluhan topi tanjak rajutan setiap bulan dan menjadi pendulang rupiah bagi ekonomi rumah tangganya.
Karya kerajinan tangan memang begitu memesona dan unik, lihatlah topi tanjak yang berjejer rapi di kediaman Normansyah, warga jalan Prajurit Kemas Ali, Topi tanjak yang merupakan mahkota dari baju adat Palembang. Semula berbahan songket, kini diinovasi dengan bahan tali kur.
Setiap harinya, banyak pelanggan yang datang langsung memesan topi tanjak rajutan ini. Pasalnya dengan buatan tangan hasilnya pasti berbeda satu sama lain sehingga membuat produk ini tidak seperti produk masal. Oktariani ini misalnya sengaja mengajak keluarganya langsung membeli topi tanjak rajutan ini, karena kreasinya tergolong rapi dengan harga terjangkau yakni seratus ribu per topi.
“Ini rajutannya bagus-bagus terutama tanjak ya ini biasanya pakai songket ini dari rajutan jadi antic lagipula harganya cukup terjangkau ya,” ujarnya.
Sementara itu, menurut normansyah, kemampuannya dimulai sejak tahun 1999 lalu di saat ia ingin menambah pundi-pundi rupiah di samping bekerja sebagai guru muatan lokal kesenian. Ia pun mulai belajar dari teman-teman dan internet membuat tas rajutan.
Namun, setelah mahir ia pun berinovasi dengan membuat topi tanjak rajutan. Menurutnya ia sengaja memilih tali kur yang kuat dan elastis.
Agar produknya awet, ia pun menggunakan teknik sambung simpul dan penyambungan dengan media api. Menurutnya untuk membuat topi ini memerlukan kesabaran dan ketelitian agar hasilnya sempurna dalam sehari ia mampu membuat dua topi tanjak.
“Banyak yang bilang ini butuh kesabaran lalu yang pasti harus ada jiwa seni ya, jadi karena butuh sabar itu karena mengerjakan pola yang berulang namu harus tetap rapi,” ujarnya.
Source https://www.wahanabogor.com https://www.wahanabogor.com/2017/04/tali-kur-disulap-jadi-topi-rajut.html
Comments
Loading...