Kerajinan Tali Rafia Di Blitar

0 227

Kerajinan Tali Rafia Di Blitar

Tali rafia pada dasarnya fungsinya hanya untuk mengikat. Tapi jangan keliru, keuntungan dari bisnis ini bisa berlipat ganda. Proses pembuatan tali rafia juga sangat mudah. Bahan baku yang digunakan juga relatif mudah diperoleh.

Hampir setiap sektor industri membutuhkan tali untuk membungkus. Oleh karena itu, bisnis usaha pembuatan tali rafia ini selalu dibanjiri pesanan. Maklum, bukan hanya satu atau dua sektor yang merupakan kelompok sasaran dari produsen tali rafia. Pelanggannya pun juga dari pengguna pengusaha pabrik sampai rumahan.

Jumlah pemakai tali rafia yang relatif cukup besar ini membuat nilai jual tali rafia masih terjaga. Selain itu pula, beberapa produsen tali rafia menuai keuntungan.

Harga jual Tali rafia kisaran antara Rp 7.500 s/d Rp 8.500/(kg), tergantung pada warna tali tersebut. Misalnya, harga tali rafia berwarna hitam Rp 7.500/(kg) dan Tali rafia warna lainnya kisaran harga Rp 8.500/(kg). Warna hitam harganya relatif lebih murah karena tidak memerlukan pewarna plastik.

Kondisi serupa dialami juga oleh Marini, di daerah Blitar, Jawa Timur, juga mengaku menerima orderan agak besar. Menurut Marini, penjualan bisa mencapai sekitar 4 ton per bulannya. Harga jual kisaran Rp 7.650 s/d Rp 8.000/(kg). Omzet yang dihasilkan Sapta Sarana mencapai Rp 31 juta per bulannya. Warna bahan membuat harga warna tali rafia relatif lebih mahal, Marini mengatakan. Ini yang membuat bisnis tali rafia semakin menguntungkan.

Source http://www.banjirpesanan.com http://www.banjirpesanan.com/bisnis-tali-rafia-semakin-menguntungkan.html
Comments
Loading...