Kerajinan Tali Tambang Di Brebes

0 336

Kerajinan Tali Tambang Di Brebes

Tepatnya di Desa Kubangwungu, Kecamatan Ketanggungan, Brebes hampir setiap pagi sampai siang ibu-ibu didaerah tersebut sedang melakukan kegiatan yang sama yaitu membuat tali untuk tambang kapal.  Salah satunya adalah Ibu Painem.

Brebes sudah terkenal sebagai daerah mengerajin tanbang yang dikirim di berbagai daerah untuk di jual. Ada yang memang digunakan sebagai tambang kapal tapi kadang juga bisa dipakai untuk kegiatan 17 Agustus yaitu perlombaan tarik tambang. Ternyata sangat bermanfaat membuat kerajinan tali tambang dan lumayan untuk menambahkan pemasukan untuk memenuhi kehidupan sehari-hari.

Kegiatan membuat tali tambang ini sudah dilakukan secara turun temurun dari nenek nenek mereka yang diwariskan kepada anak dan cucu-cucunya. Dan hebatnya yang melakukan kegiatan tersebut adalah ibu-ibu. Dan kegiatan tersebut dilakukan disela-sela kegiatan kewajiban mereka sebagai ibu rumah tangga yaitu melakukam masak, nyuci, dan merapihkan rumah.

Meskipun hasil yang diperoleh dari kegiatan tersebut tidak sebanding dengan seberapa lama proses pembuatannya dari yang hanya sehelai-helai benang yang tipis yang digulung sehingga menjadi tambang dan juga seberapa lama mereka melakukan untuk harus mengumpulkan sampai beratnya mencapai 1 kuintal atau sama saja 100 kg. Dan baru pada saat seberat tersebut dapat dijual dipabrik dengan harga 80.000/kw.

Source Kerajinan Tali Tambang Di Brebes Kerajinan Tali Tambang Di Brebes
Comments
Loading...