Kerajinan Tampah Bambu Di Bolmora

0 179

Kerajinan Tampah Bambu Di Bolmora

Pengrajin Tampah Bambu atau yang lebih dikenal dengan sebutan ‘Sosiru’ di Kota Kotamobagu mulai Minim. Di tengah perkembangan zaman, kebanyakan masyarakat modern lebih memilih menggunakan tampah berbahan plastik, sehingga tampah yang berbahan baku bambu rotan ini mulai mengalami pergeseran. Hasilnya, pengrajin ini mulai mengalami kesulitan dalam memasarkan produk tampah tersebut.

Salah satu perngajin tampah adalah Eni Mamonto, warga Desa Kobo Kecil, Kecamatan Kotamobagu Timur. Ibu dua anak ini masih tetap bertahan membuat kerajinan tampah dari bahan anyaman bambu dan rotan.

Dari keahlian yang turun temurun itu, Eni bersama suaminya Sudi Rumoroy, mampu membuat 50 buah tampah dalam sebulan.

“Satu hari itu bisa empat buah tampah yang saya buat bersama suami, satu bulan juga bisa capai 50 buah tampah. Kemudian dipasarkan di pasar lokal yang ada di Kota Kotamobagu, seperti Pasar 23 Maret,” ujar Eni.

Menurutnya, bahan baku kerajinan tersebut Ia ambil dari kebun. Kadang juga Ia harus membeli bahan baku seperti rotan, karena sudah jarang rotan ditemukan di perkebunan.

“Kalau bahan bambu kita ambil dari kebun, sedangkan untuk rotannya kadang kami harus beli, karena kami memakai rotan yang jenis paling bagus dan harganya cukup lumayan mahal demi hasil sosiru yang kuat dan baik,” ungkap mama Ir, sapaannya.

Ukuran dari tampah yang dibuatnya bervariasi, ada yang ukuran 1 kilogram hingga 3 kilogram beras. Meski demikian, Ia masih mengeluhkan proses pemasaran produk tampahnya, yang semakin lama semakin tenggelam. Sebab, sudah banyak masyarakat yang memilih tampah praktis berbahan baku plastik.

“Sekarang-kan sudah banyak penjual tampah yang terbuat dari plastik, belum lagi warga yang sudah banyak membeli tampah tersebut. Yah, tentu kami minta perhatian pemerintah dalam memasarkan kerajinan tangan produk asli Kota  Kotamobagu ini agar tidak punah,” imbuh Eni.

Selain itu, Ia juga berharap ada generasi penerus untuk pembuatan tampah tradisional ini. “Minat juga dari warga untuk pembuatan kerajianan tampah ini sangat kurang. Namun, jika ada yang minat belajar membuat tampah dari anyaman bambu rotan, saya siap akan berbagi ilmu,”

Source https://bolmora.com https://bolmora.com/09/2018/21421/pengrajin-tampah-bambu-di-kotamobagu-masih-terus-eksis/
Comments
Loading...