Kerajinan Tampah Di Lampung Timur

0 228

Kerajinan Tampah Di Lampung Timur

Tampah adalah alat yang terbuat dari anyaman belahan batang pohon bambu yang dibelah, tampah sendiri berbentuk bundar seperti piring, dengan diameter antara 65-80cm. Alat ini biasanya digunakan untuk menampi beras yaitu membersihkan beras dari kotoran-kotoran sebelum dicuci dan dimasak. Tampah juga berguna untuk menaruh jajanan kueh yang biasa disebut kueh tampah. Selain itu tampah juga bisa digunakan untuk tatakan nasi tumpeng dalam acara-acara besar. Alat ini masih banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

Karena, tampah adalah alat yang bagus, murah, dan banyak manfaatnya serta ringan bila digunakan. Di samping harganya juga terjangkau untuk masyarakat luas. Di Desa Sidomukti Kecamatan Sekampung banyak terdapat pengrajin ayaman bambu, salah satunya tampah. Bapak Sutomo merupakan salah satu pengrajin tampah di desa tersebut. Beliau memulai usaha tersebut pada tahun 2014 sampai sekarang. Dalam proses pembuatannya beliau dibantu oleh istri dan anaknya.

Bahan dasar yang digunakan adalah bambu dan tali kuning. Bambu yang digunakan yaitu jenis bambu biasa, dan cara pembuatannya yaitu dengan cara dianyam. Dalam proses penjualan biasanya pembeli yang datang sendiri atau para pengepul yang datang ke rumah beliau untuk membelinya, dan beliau hanya membuatnya saja. Dengan modal 100.000.- untuk 1 bulan beliau dapat menghasilkan 100 buah tampah, dengan meraup pendapatan sekitar 700.000.- tiap bulannya.

Source http://iqrometro.co.id http://iqrometro.co.id/kerajinan-tangan-tampah-pak-sutomo-desa-sidomukti-sekampung-lampung-timur.html
Comments
Loading...