Kerajinan Tampah Mujur Di Kroya

0 188

Kerajinan Tampah Mujur Di Kroya

Meski masih merupakan pekerjaan sambilan, kerajinan tampah asal Desa Mujur Kecamatan Kroya, ternyata dikenal hingga luar Jawa, bahkan hingga luar negeri. Produk peralatan rumah tangga ini, ternyata sudah dipasarkan ke sejumlah provinsi di Pulau Kalimantan, Papua hingga Malaysia.

Salah seorang perajin tampah, Nordiana menjelaskan, kerajinan yang turun menurun ini baru baru ini menembus pasar malaysia. “Kemarin ada sekitar 150 tampah diekspor ke Malaysia,” terangnya kemarin. Berapa produksi tampah mujur setiap harinya? Ternyata produksinya tidak banyak. Kerajinan tampah di Desa Mujur menjadi usaha sampingan warga selain bertani atau buruh.

Dalam satu minggu, Nordiana mampu membuat 10 sampai 20 wadah untuk menjemur bahan makanan ini. Dengan harga Rp 14 ribu per buah, dia dapat penghasilan tambahan sekitar Rp 150 ribu per minggu dari usaha ini. Menurut dia, warga Desa Mujur membuat kerajinan tampah saat menunggu musim panen atau waktu senggang setelah bekerja Tak heran produksi kerajinan ini tidak terlalu banyak dan dikerjakan perorangan secara manual. Dia menambahkan, bahan baku bambu di Desa Mujur kini mulai terbatas. Karena itu, sejumlah perajin harus membeli bambu dari luar desa. “Kita beli Rp 5 ribu per batang,” jelas Pardan, perajin tampah lainnya.

Source https://radarbanyumas.co.id https://radarbanyumas.co.id/kerajinan-tampah-mujur-tembus-malaysia/
Comments
Loading...