Kerajinan Tangan Karya Siswa MTS Di Wonosobo

0 171

Kerajinan Tangan Karya Siswa MTS Di Wonosobo

Kecintaan terhadap lingkungan bisa diwujudkan dalam berbagai hal, salah satunya dalam kreasi kearjinan yang bisa digunakan sebagai alat sehari-hari seperti yang ditunjukkan oleh siswa-siswi MTsN Wonosobo. Berbagai kerajinan yang terbuat dari barang bekas dan bahan alami dikreasikan oleh siswa dan dipajang di saat ada perhelatan besar baik di luar maupun di sekolah.

“Bentuk kerajinannya mulai dari gerabah untuk menabung yang dbuat dari berbagai bahan seperti bubur kertas dan tanah liat. Selain mengajarkan pada pola hidup ramah lingkungan, juga mendidik jiwa wirausaha anak-anak,” tutur A Haridi guru yang ikut memperkenalkan kerajinan.

Beberapa kerajinan seperti boks untuk kado, bantal, bahkan aneka olahan plastic bekas kemasan yang dibuat menjadi tas juga selalu dipamerkan ketika banyai pengunjung datang ke sekolah.

“Setiap acara besar seperti pekan olimpiade siswa madrasah, maupun saat ada seminar dan mengundang orang tua selalu dipamerkan dan diharapkan bisa dibeli sehingga siswa semakin bersemangat dalam membuat kreasi,” imbuhnya.

Hal tersebut juga dijelaskan Yatiman kepala Sekolah MTsN, bahwa sekolah mendukung kreatifitas siswa dengan berbagai cara termasuk memajang karya-karya terbaik di lobby sekolah. Karya-karya tersebut menurutnya sangat bagus untuk memupuk semangat siswa dalam mengembangkan berbagai produk baru dan juga ramah lingkungan.

Selain olahan dari kertas, plastic, dan barang bekas, ada pula olahan dari bahan-bahan alami sehingga tidak berdampak buruk bagi lingkungan. Maka adalah sebuah prestasi yang pantas jika MTsN Wonosobo pada tahun ini menyandang gelar sekolah Adiwiyata Nasional bersama tiga sekolah lainnya di Wonosobo.

“Predikat Adiwiyata tidak hanya melihat sisi hijau dari sekolah namun juga bagaimana sikap sekolah terhadap kelestarian alam sekitar, seperti dengan menjaga lingkungan dan memanfaatkan barang-barang yang bisa di daur ulang untuk mengurangi sampah. Selain itu menumbuhkan kreatifitas serta jiwa wirausaha dari siswa,” tukas Yatiman.

Source https://wonosoboekspres.wordpress.com https://wonosoboekspres.wordpress.com/2015/05/11/bentuk-cinta-lingkungan-dengan-aneka-kerajinan/
Comments
Loading...